"Save the Hamsters", Game Matematika Karya Anak Madura

Kompas.com - 30/08/2013, 15:01 WIB
Save the Hamsters Solite StudioSave the Hamsters
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara membuat matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan. Bahkan, melalui seekor hamster, tanpa sadar kita telah belajar matematika, sekaligus mengasah kemampuan merancang strategi untuk mencapai tujuan.

Sekelompok mahasiswa dari Universitas Trunojoyo, Madura, membuat game berjudul Save the Hamsters. Game ini berhasil menjadi juara kedua dalam kompetisi pembuatan game tingkat mahasiswa sedunia, Imagine Cup 2013, yang diselenggarakan Microsoft di Rusia pada Juli lalu.

Ini adalah sebuah game kasual, dengan peraturan sederhana yang tidak memerlukan komitmen waktu atau keahlian khusus. Siapa saja bisa memainkannya.

Save the Hamsters menyediakan soal matematika. Di stage pertama, yaitu di daerah kawasan The Forest, soal yang disajikan masih berupa penjumlahan. Di stage kedua atau kawasan The Beach, soal yang muncul adalah perkalian. Dalam satu stage terdapat lima belas level.

Saat berbincang dengan KompasTekno di kantor Microsoft Indonesia, Kamis (29/8/2013), CEO Solite Studio, Asadullohil Ghalib Kubat mengatakan, pihaknya sedang membuat stage-stage baru untuk soal pengurangan dan pembagian yang hingga kini belum diterbitkan.

Angka-angkanya tertulis di tubuh hamster. Pemain harus menjatuhkan hamster ke tanah berlubang yang berada di bawah layar, agar menjawab soal matematika tersebut seperti gambar di bawah ini:

Solite Studio
Save the Hamsters
Di lubang pertama sudah ada hamster dengan angka 10. Lalu, pemain harus menjatuhkan hamster angka 16 di lubang kedua, kemudian menjatuhkan hamster angka 26 di lubang ketiga. Hasilnya nanti adalah: 10 + 16 = 26.

Cara menjatuhkan hamster itu adalah dengan menghancurkan balok tempat si hamster berdiri. Dan jangan lupa, hamster-hamster yang dijatuhkan itu harus mengambil biji-biji jagung berwarna kuning untuk menambah poin. Jika hamster tidak masuk ke lubang atau masuk ke lubang yang salah, pemain harus mengulang level tersebut.

Selain mempelajari soal penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian, game ini juga mengasah kemampuan merancang strategi. Sambil menunggu momentum yang tepat untuk menjatuhkan si hamster, kecepatan dan reflek kita pun turut diasah.

Tingkat kesulitannya tidak terlalu tinggi, dan KompasTekno merekomendasikan game ini sangat cocok untuk anak-anak. Dari sisi grafis, Save the Hamsters menawarkan animasi yang cukup menarik serta latar belakang musik yang lumayan enak sebagai pengiring saat bermain.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X