Facebook Ingin Bikin "Trending Topic"

Kompas.com - 02/09/2013, 19:13 WIB
Facebook menguji coba fitur Trending untuk menandakan topik yang ramai dibicarakan publik FacebookFacebook menguji coba fitur Trending untuk menandakan topik yang ramai dibicarakan publik
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Facebook tampak belajar banyak dari Twitter untuk memperkaya layanan jejaring sosialnya. Setelah dua bulan meluncurkan tanda pagar (tagar) untuk menandai suatu topik yang sedang dibicarakan, kini Facebook berencana menyematkan fitur semacam trending topic.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu mulai menguji fitur "Trending" dalam halaman News Feed di situs web. Ini merupakan penanda tentang topik yang sedang ramai dibicarakan oleh pengguna Facebook secara real-time di suatu kota atau negara.

Seorang juru bicara Facebook mengonfirmasi rencana tersebut. "Kami sedang menjalankan tes kecil pada News Feed. Sekarang ini hanya tersedia untuk sebagian kecil pengguna di Amerika Serikat dan masih dalam tahap awal pengembangan," kata juru bicara kepada The Wall Street Journal.

Di sini, algoritma Facebook akan melakukan pengelompokan terhadap topik yang sama. Misalnya, ada yang membicarakan topik dengan #MLK dan Martin Luther, maka algoritma Facebook akan mengelompokan di bawah topik "Martin Luther King, Jr".

Twitter sudah lama memakai tagar dan menyediakan fitur trending topics untuk memudahkan pengguna melacak pembicaraan. Bagi Facebook, fitur tagar dan trending bisa menjadi potensi bisnis iklan tersendiri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X