Bocorkan Rahasia, 3 Eksekutif HTC Ditangkap

Kompas.com - 02/09/2013, 19:59 WIB
Ilustrasi HTC One Mini TheFullSignal.comIlustrasi HTC One Mini
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Tiga eksekutif HTC yang selama ini bekerja untuk urusan desain produk, ditangkap karena dicurigai membocorkan rahasia dagang. HTC mulai melaporkan kasus ini pada Agustus 2013.

Seorang jaksa dari Taipei, Taiwan, mengonfirmasi bahwa tiga eksekutif itu ditangkap pada Jumat (30/8/2013). Mereka adalah wakil presiden desain produk Thomas Chien, direktur penelitian dan pengembangan Wu Chien-Hung, dan manajer senior urusan desain dan inovasi Justin Huang.

Media setempat melaporkan, teknologi yang dicuri merupakan desain tampilan antarmuka Sense 6.0 untuk ponsel pintar Android. Teknologi itu dibocorkan kepada sebuah perusahaan pembuat ponsel baru yang berbasis di China.

Menurut juru bicara kantor kejaksaan setempat, Mou Hsin Huang, saat ini Chien dan Chien-Hung masih berada di tahanan. Sementara Huang telah dibebaskan dengan jaminan.

Para eksekutif juga dituduh membuat biaya komisi palsu sebesar 10 miliar dollar Taiwan atau sekitar 334.200 dollar AS.

Pihak HTC enggan mengomentari masalah ini. HTC meyakinkan, penyelidikan tidak akan berdampak pada operasional perusahaan. Para eksekutif yang ditangkap juga tidak segera mengeluarkan komentar resmi.

HTC belakangan ini terus diterpa masalah internal dan harus menerima kenyataan bahwa pangsa pasarnya telah menurun dalam industri ponsel pintar global. Tidak sedikit pula eksekutif yang memilih hengkang dari perusahaan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.