Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocorkan Rahasia, 3 Eksekutif HTC Ditangkap

Kompas.com - 02/09/2013, 19:59 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Tiga eksekutif HTC yang selama ini bekerja untuk urusan desain produk, ditangkap karena dicurigai membocorkan rahasia dagang. HTC mulai melaporkan kasus ini pada Agustus 2013.

Seorang jaksa dari Taipei, Taiwan, mengonfirmasi bahwa tiga eksekutif itu ditangkap pada Jumat (30/8/2013). Mereka adalah wakil presiden desain produk Thomas Chien, direktur penelitian dan pengembangan Wu Chien-Hung, dan manajer senior urusan desain dan inovasi Justin Huang.

Media setempat melaporkan, teknologi yang dicuri merupakan desain tampilan antarmuka Sense 6.0 untuk ponsel pintar Android. Teknologi itu dibocorkan kepada sebuah perusahaan pembuat ponsel baru yang berbasis di China.

Menurut juru bicara kantor kejaksaan setempat, Mou Hsin Huang, saat ini Chien dan Chien-Hung masih berada di tahanan. Sementara Huang telah dibebaskan dengan jaminan.

Para eksekutif juga dituduh membuat biaya komisi palsu sebesar 10 miliar dollar Taiwan atau sekitar 334.200 dollar AS.

Pihak HTC enggan mengomentari masalah ini. HTC meyakinkan, penyelidikan tidak akan berdampak pada operasional perusahaan. Para eksekutif yang ditangkap juga tidak segera mengeluarkan komentar resmi.

HTC belakangan ini terus diterpa masalah internal dan harus menerima kenyataan bahwa pangsa pasarnya telah menurun dalam industri ponsel pintar global. Tidak sedikit pula eksekutif yang memilih hengkang dari perusahaan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com