5 Karya Ikonik Nokia untuk Industri Ponsel Dunia

Kompas.com - 04/09/2013, 10:42 WIB
Nokia ReutersNokia
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Nokia, nama yang pasti tak asing lagi di kalangan pengguna ponsel. Perusahaan asal Finlandia ini adalah salah satu pelopor telepon seluler yang mempopulerkan perangkat tersebut hingga ke seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia.

Microsoft yang baru membeli Nokia turut memboyong sejarah panjang perusahaan tersebut, yang bermula pada 1865 sebagai pabrik kertas dan sempat mendominasi pasaran ponsel selama 14 tahun sebelum akhirnya tumbang di era smartphone.

Tentu, selama kiprahnya di bisnis mobile, tak cuma sekali dua Nokia memberikan kontribusi dan mengubah arah tren ponsel. Nah, berikut ini beberapa "sumbangan" perusahaan tersebut untuk dunia ponsel, sebagaimana dirangkum oleh Cnet.

Cnet
Nokia 1011


1. Nokia 1011. Pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1992, ponsel ini terlihat lebih mirip telepon rumah ketimbang perangkat portabel yang bisa dibawa ke mana-mana.

Nokia 1011 adalah ponsel GSM (Global System for Mobile communications) pertama yang diproduksi massal, sehingga membantu penyebaran teknologi seluler itu menjadi yang paling banyak dipakai di dunia.

Nokia
Nokia 3210

2. Ponsel murah meriah. "Handphone sejuta umat", label ini kerap digunakan untuk menyebut model-model seperti Nokia 3210 dan 5110 yang sangat populer di awal abad ke-21, terutama di kalangan pengguna muda karena relatif terjangkau dan memiliki cover warna-warni yang bisa diganti.

Model-model ini membantu perluasan pasar Nokia dan meningkatkan awareness terhadap merek tersebut. Nama Nokia pun identik dengan ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wikipedia
Nokia 8110

3. Desain unik dan menarik. Tak seperti kini, dulu, ponsel Nokia memiliki bentuk yang beraneka ragam. Perusahaan ini tak takut-takut menjalankan pola pikir "out of the box" dan menelurkan sejumlah rancangan ikonik di dunia ponsel.

Contohnya, Nokia 8110 yang memiliki bentuk melengkung dan faktor bentuk slider yang membuatnya terlihat keren ketika meluncur pada 1998.

Ponsel ini pun menjadi bintang di film pertama trilogi "The Matrix" yang dirilis pada tahun yang sama. Pada masa-masa setelah itu, Nokia terus berinovasi. Rancangan-rancangannya termasuk ponsel berbentuk persegi, dengan keyboard QWERTY, bahkan yang mirip lipstick seperti Nokia 7280 dan 7380.

Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.