Kompas.com - 05/09/2013, 00:50 WIB
Penulis Hindra Liauw
|
EditorAditya Panji
BERLIN, KOMPAS.com — Samsung Electronics memenuhi janjinya untuk memperkenalkan jam tangan pintar berbasis Android pertamanya, dalam acara IFA 2013 di Berlin, Jerman, Rabu (4/9/2013). Produk ini diberi nama Galaxy Gear.

Wartawan Kompas.com Hindra Liauw mendapat kesempatan untuk menghadiri peluncuran Samsung Galaxy Gear dan Samsung Galaxy Note di IFA 2013 di Berlin.

Jam tangan dengan bobot 73,8 gram ini, dibekali layar berukuran 1,63 inci jenis Super AMOLED dengan resolusi 320 x 320 pixel. Layarnya dibingkai oleh material logam. Di bagian tali, terdapat komponen kamera 1,9 MP dan speaker mini.

Terdapat enam pilihan warna Galaxy Gear yang disediakan Samsung, yaitu Jet Black, Lime Green, Mocha Gray, Oatmeal Beige, Rose Gold, dan Wild Orange.

Kinerja jam tangan ini ditopang oleh prosesor 800 MHz, RAM 512 MB, memori internal 4 GB, dan baterai berkapasitas 315mAh. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 4.3 Jelly Bean.

Galaxy Gear dapat terhubung dengan perangkat Android lain. Namun, sejauh ini, Galaxy Gear hanya bisa terhubung ke ponsel Galaxy Note III dan tablet Galaxy Note 10.1 2014 Edition melalui koneksi Bluetooth.

Setelah terhubung, pengguna dapat memberi perintah panggilan telepon dari jam tangan, menerima pesan singkat, jejaring sosial, membuat voice memo, menerima e-mail, hingga menerima semua notifikasi yang berasal dari ponsel di layar jam tangan.

Perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan ini juga sedang bekerja sama dengan perusahaan lain untuk menyediakan aplikasi di Galaxy Gear yang nantinya dapat diunduh di toko aplikasi Samsung App Store. Aplikasi tersebut meliputi Path, Line, Pocket, RunKeeper, Tripit, Evernote, dan eBay.

Galaxy Gear akan dibanderol dengan harga 299 dollar AS dan mulai dipasarkan pada 25 September di 149 negara. Jika sudah dipasarkan, Samsung menjanjikan ada sekitar 70 aplikasi yang tersedia untuk diunduh.

Jam tangan pintar akan menjadi daya tarik tersendiri dalam industri teknologi. Selain Sony dan Samsung, perusahaan lain seperti Apple, Google, dan Microsoft, dikabarkan juga sedang menyiapkan produk jam tangan pintar.

Hindra Liauw/Kompas.com
Samsung Galaxy Gear
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.