Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Resmi Kenalkan Jam Tangan Galaxy Gear

Kompas.com - 05/09/2013, 00:50 WIB
Hindra Liauw

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com — Samsung Electronics memenuhi janjinya untuk memperkenalkan jam tangan pintar berbasis Android pertamanya, dalam acara IFA 2013 di Berlin, Jerman, Rabu (4/9/2013). Produk ini diberi nama Galaxy Gear.

Wartawan Kompas.com Hindra Liauw mendapat kesempatan untuk menghadiri peluncuran Samsung Galaxy Gear dan Samsung Galaxy Note di IFA 2013 di Berlin.

Jam tangan dengan bobot 73,8 gram ini, dibekali layar berukuran 1,63 inci jenis Super AMOLED dengan resolusi 320 x 320 pixel. Layarnya dibingkai oleh material logam. Di bagian tali, terdapat komponen kamera 1,9 MP dan speaker mini.

Terdapat enam pilihan warna Galaxy Gear yang disediakan Samsung, yaitu Jet Black, Lime Green, Mocha Gray, Oatmeal Beige, Rose Gold, dan Wild Orange.

Kinerja jam tangan ini ditopang oleh prosesor 800 MHz, RAM 512 MB, memori internal 4 GB, dan baterai berkapasitas 315mAh. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 4.3 Jelly Bean.

Galaxy Gear dapat terhubung dengan perangkat Android lain. Namun, sejauh ini, Galaxy Gear hanya bisa terhubung ke ponsel Galaxy Note III dan tablet Galaxy Note 10.1 2014 Edition melalui koneksi Bluetooth.

Setelah terhubung, pengguna dapat memberi perintah panggilan telepon dari jam tangan, menerima pesan singkat, jejaring sosial, membuat voice memo, menerima e-mail, hingga menerima semua notifikasi yang berasal dari ponsel di layar jam tangan.

Perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan ini juga sedang bekerja sama dengan perusahaan lain untuk menyediakan aplikasi di Galaxy Gear yang nantinya dapat diunduh di toko aplikasi Samsung App Store. Aplikasi tersebut meliputi Path, Line, Pocket, RunKeeper, Tripit, Evernote, dan eBay.

Galaxy Gear akan dibanderol dengan harga 299 dollar AS dan mulai dipasarkan pada 25 September di 149 negara. Jika sudah dipasarkan, Samsung menjanjikan ada sekitar 70 aplikasi yang tersedia untuk diunduh.

Jam tangan pintar akan menjadi daya tarik tersendiri dalam industri teknologi. Selain Sony dan Samsung, perusahaan lain seperti Apple, Google, dan Microsoft, dikabarkan juga sedang menyiapkan produk jam tangan pintar.

Hindra Liauw/Kompas.com
Samsung Galaxy Gear
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com