Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Note III, Android Pertama dengan RAM 3 GB

Kompas.com - 05/09/2013, 10:41 WIB
Hindra Liauw

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com — Produk perpaduan ponsel dan tablet (phablet) Samsung Galaxy Note III resmi diumumkan dalam acara IFA 2013 di Berlin, Jerman, Rabu (4/9/2013). Galaxy Note III tampil dengan desain lebih besar dan lebih tipis dibandingkan pendahulunya, Galaxy Note II.

Layar Note III memakai jenis Super AMOLED dengan bentang layar 5,7 inci, lebih besar dari Note II yang berukuran 5,3 inci. Produk baru ini memiliki bobot lebih ringan dibanding pendahulunya, yakni 168 gram, serta ketebalan 8,3 mm.

Dari sisi desain, panel belakang Note III dilapisi dengan kulit yang tersedia dalam beragam warna. Adapun bagian depannya sekilas mirip dengan Note II. Samsung juga masih mempertahankan pena stylus S Pen pada Note III.

Samsung membuat dua model Galaxy Note III. Pertama, model yang mendukung koneksi 4G LTE dan memakai prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 800 kecepatan 2,3 GHz. Kedua, model yang hanya mendukung koneksi 3G dan memakai prosesor octa-core Exynos Octa kecepatan 1,9 GHz.

Komponen lain yang mendukung performa phablet ini adalah RAM 3 GB. Ini berarti Galaxy Note III merupakan perangkat Android pertama yang menggunakan RAM sebesar itu.

Untuk media penyimpanan data, Note III dibekali memori internal 32 GB atau 64 GB. Sementara itu, baterainya berkapasitas 3.200 mAh. Ponsel dengan sensor kamera belakang 13 MP ini berjalan dengan sistem operasi Android 4.3 (Jelly Bean).

Samsung Knox sudah menjadi aplikasi bawaan dalam Note III. Ini merupakan solusi keamanan komunikasi untuk perusahaan, yang memungkinkan pengguna memisahkan profil ponsel untuk aktivitas personal dan bisnis.

Selain itu, phablet ini juga dapat dihubungkan dengan jam tangan pintar Galaxy Gear melalui koneksi Bluetooth.

Rencananya, Galaxy Note III mulai dipasarkan pada 25 September 2013 di 149 negara, dan pada Oktober 2013 di negara lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com