Kompas.com - 05/09/2013, 11:48 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dibanding terus-menerus berada di belakang Nokia, Microsoft memutuskan untuk mengakuisi perusahaan tersebut dan terjun langsung di bisnis ponsel.

Pembelian tersebut diharapkan bisa menghemat uang dan mempercepat pengembangan platform Windows Phone, namun bukan hanya itu saja tujuan Microsoft di balik akuisisi Nokia.

Seperti dilaporkan The Verge, raksasa software ini menargetkan pangsa pasar global Windows Phone dan pendapatan yang dihasilkan bisa turut terdongkrak hingga mencapai 15 persen serta menghasilkan pendapatan 45 miliar dollar AS dalam jangka waktu lima tahun hingga 2018.

Angka tersebut empat kali lebih besar dibanding pangsa pasar Windows Phone saat ini yang terpaut di 3,7 persen, menurut data kuartal II 2013 dari IDC.

Sebagai perbandingan, Apple yang merupakan pemain terbesar kedua di industri mobile memiliki pangsa pasar 13,2 persen dan pendapatan lebih dari 35 miliar dollar AS dalam kuartal yang sama.

"Delapan puluh persen smartphone Windows Phone sekarang dibuat oleh Nokia, jadi saya pikir kami bisa mengakselerasi pertumbuhan melalui akuisisi ini," ujar CEO Microsoft Steve Ballmer, sebagaimana dikutip dari Bloomberg.

Pangsa pasar yang lebih besar juga diharapkan bisa memberikan ekosistem yang lebih menguntungkan dan menarik bagi pengembang aplikasi agar mau mendedikasikan diri untuk platform Windows Phone besutan Microsoft.

Raksasa software tersebut kini memiliki kendali sepenuhnya atas hardware dan software Winodws Phone, ditambah portfolio paten dari Nokia. Pertanyaannya, apakah semua itu akan cukup untuk mencapai target di 2018?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
- Microsoft Akuisisi Nokia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.