Ingin Cepat Dipinang, BlackBerry Rela Dilelang

Kompas.com - 05/09/2013, 14:29 WIB
Ilustrasi mashable.comIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Bulan lalu BlackBerry baru saja membentuk komite khusus untuk mengeksplorasi kemungkinan menjual aset-aset perusahaan. Namun, produsen ponsel kenamaan itu tampaknya tak sabar untuk segera melego perusahaan.

Kabar ini muncul dari Wall Street Journal yang mengutip sejumlah sumber "tepercaya". Menurut para sumber tersebut, BlackBerry berniat menggelar proses lelang agar perusahaan bisa terjual pada bulan November mendatang.

Dalam rangka mewujudkan hal itu, BlackBerry disebut sedang terlibat pembicaraan dengan pihak-pihak yang tertarik membeli. Daftar peminat telah dipersempit dan proses penjualan diperkirakan akan segera dimulai.

Nama-nama peminat potensial termasuk perusahaan-perusahaan finansial di Kanada dan Amerika Serikat, seperti Dewan Investasi Dana Pensiun Kanada dan Bain Capital, serta produsen komputer dan smartphone asal China, Lenovo.

Apabila benar-benar terjadi, nantinya penjualan BlackBerry kemungkinan bakal melibatkan lebih dari satu pembeli, masing-masing mengakuisisi unit bisnis berbeda dari perusahaan tersebut.

Lelang itu boleh jadi akan menandai akhir cerita BlackBerry sebagai sebuah perusahaan atau bahkan merek smartphone.

Kabar ini muncul tak lama setelah berita akuisisi Nokia oleh Microsoft muncul ke permukaan. Gabungan dua perusahaan tersebut makin memberi tekanan terhadap BlackBerry yang sudah babak belur melawan dua raksasa mobile, Apple dan Google.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Produsen smartphone kenamaan asal Kanada itu sempat menjadi pemain paling dominan di dunia mobile dengan pangsa pasar mencapai lebih dari 50 persen di AS. Kini angka tersebut telah terjun bebas menjadi kurang dari 3 persen, menurut data dari IDC.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Gonjang-Ganjing BlackBerry



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.