Kompas.com - 05/09/2013, 17:29 WIB
Path PathPath
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Path adalah jejaring sosial di Android dan iOS yang menekankan pada kedekatan relasi antara pengguna dan orang-orang yang terhubung dengannya.

Update terbaru versi 3.2 yang baru diluncurkan pada Kamis (5/9/2013) ini membuat layanan tersebut jadi makin "aman" alias eksklusif dengan pilihan berbagi momen untuk orang-orang tertentu saja. Hal ini juga berarti bahwa pilihan tersebut akan menutup gerak teman yang tak diinginkan "mengintip" aktivitas kita.

Dikutip dari Mashable, dua fitur baru yang diperkenalkan adalah "Private Sharing" dan "Inner Circle". Pada Private Sharing, pengguna bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat sebuah posting. Jumlahnya bisa hanya satu orang atau lebih.

Caranya adalah dengan mengeklik icon gembok yang terdapat di sisi kanan layar, tepat di atas keyboard saat akan mengunggah sebuah post. Posting yang bersifat pribadi ini akan ditandai oleh icon gembok yang sama pula untuk menunjukkan bahwa hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat.

Tak ada batasan jumlah teman yang bisa ditambahkan dalam Private Sharing, tetapi informasi tersebut tidak bisa disimpan. Jadi, pengguna harus menentukan kembali siapa saja yang bisa melihat setiap kali membuat posting baru.

Path
Private Sharing (kiri) dan Inner Circle pada Path versi 3.2

Adapun Inner Circle mirip dengan Private Sharing, tapi mencakup lebih banyak hal di luar berbagi posting. Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih sekelompok orang yang ingin dijadikan teman interaksi terdekat, misalnya anggota keluarga atau sahabat.

Pengguna kemudian bisa berbagi posting secara eksklusif dengan kelompok tersebut dan menyaring feed update agar hanya memperlihatkan posting dari anggota Inner Circle, yang dipilih dengan cara memberi icon bintang di sebelah kanan nama teman di Friend list.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara ini mirip dengan fitur Google+ yang memungkinkan pengguna mengelompokkan koneksi mereka dalam grup-grup berbeda. Bedanya, Path hanya menyediakan opsi untuk membentuk satu grup saja, tidak bisa lebih. Hal ini dilakukan untuk menjaga "kesederhanaan" yang menjadi ciri layanan tersebut.

Path sejatinya dirancang sebagai jejaring sosial internet untuk teman dekat dan keluarga. Karena itu, sang pendiri sekaligus CEO Path, Dave Morin, membatasi jumlah pertemanan hanya 150 orang. Jumlah itu dinilai ideal dan mengembalikan arti berjejaring yang sesungguhnya.

Janji bebas iklan

Halaman:


Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.