Kompas.com - 05/09/2013, 19:59 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Trend wearable device alias gadget yang dikenakan di tubuh rupanya menggugah Qualcomm untuk ikut serta meramaikan pasar.

Perusahaan yang lebih dikenal sebagai produsen prosesor untuk gadget mobile ini baru saja memperkenalkan produk jam tangan pintar miliknya yang diberi nama "Toq".

Jam tangan pintar tersebut diumumkan dalam sebuah acara di San Diego, Amerika Serikat, dalam waktu yang hampir bertepatan dengan acara peluncuran jam tangan pintar Galaxy Gear dari Samsung di Berlin, Jerman.

Dikutip dari USA Today, Toq ditujukan sebagai pendamping alias untuk smartphone dan mampu mengalihkan panggilan telepon, SMS, reminder, dan berbagai macam notifikasi ke pergelangan tangan pengguna.

Toq berkomunikasi dengan smartphone melalui koneksi Bluetooth dan kompatibel dengan perangkat Android. Nantinya, gadget ini juga direncanakan bakal bisa tersambung dengan iPhone dan iPad.

Jam tangan pintar ini dilengkapi dengan teknologi display "Mirasol" besutan Qualcomm yang diklaim membuat layarnya tetap terlihat jelas di bawah sinaran cahaya matahari langsung, selain irit daya.

Unjuk kemampuan

Qualcomm akan mulai menjual Toq pada pertengahan Oktober mendatang dengan harga kisaran 300 dollar AS. Tapi produk ini hanya akan tersedia secara terbatas. "Puluhan ribu, bukan ratusan ribu," ujar presiden platform interaktif Qualcomm, Rob Chandhok, mengenai jumlah unit yang disediakan pihaknya.

Chandok menjelaskan bahwa Qualcomm sebenarnya tidak berminat terjun langsung ke bisnis perangkat elektronik konsumen. "Kami ingin membuat pernyataan mengenai fitur dan karakteristik apa yang kami pikir harus dimiliki oleh perangkat wearable computing agar bisa sukses," kata dia, seperti dikutip oleh Cnet.

Qualcomm sendiri sejauh ini belum berencana membuat penerus Toq setelah perangkat tersebut dirilis nanti. Diharapkan perangkat tersebut bisa mendorong para partner Qualcomm agar memproduksi perangkat jam tangan pintar sendiri dengan memakai teknologi dari perusahaan tersebut.

"Kami lebih suka jika para rekanan yang membuatnya (jam tangan pintar)," tutup Chandhok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.