Kompas.com - 06/09/2013, 09:24 WIB
Paten gesture control Apple Patently ApplePaten gesture control Apple
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Selasa (3/9/2013) lalu, kantor Paten dan Merk Dagang AS mempublikasikan 41 paten baru milik Apple, termasuk paten atas teknologi pendeteksi gerakan tubuh mirip perangkat Kinect dari Microsoft Xbox.

Dikutip dari Cnet, teknologi tersebut bisa mengalihkan mengambil alih input dari keyboard dan mouse. Sebagai gantinya, dipakailah serangkaian sensor yang ditempatkan di sekeliling layar monitor.

Teknologi ini bisa mendeteksi apabila pengguna menjauh dari komputer dan secara otomatis mengalihkan kendali dari keyboard dan mouse ke gesture control alias deteksi gerakan tubuh.

Menurut penjelasan dalam deskripsi paten tersebut, pengguna kemudian bisa memakai gerakan tubuh untuk melakukan berbagai macam interaksi dengan komputer, seperti scrolling, zooming, dan melakukan seleksi obyek.

Apple disinyalir berencana menerapkan teknologi di perangkat komputer Mac dan televisi. Boleh jadi, fitur tersebut juga akan dipakai di gadget mobile buatannya seperti iPhone dan iPad.

Permohonan paten atas teknologi ini kabarnya sudah lama diajukan oleh Apple, yaitu pada 2008 atau dua tahun sebelum debut Kinect di konsol game Xbox.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.