Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan Sensor Gerak Mirip Kinect

Kompas.com - 06/09/2013, 09:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Selasa (3/9/2013) lalu, kantor Paten dan Merk Dagang AS mempublikasikan 41 paten baru milik Apple, termasuk paten atas teknologi pendeteksi gerakan tubuh mirip perangkat Kinect dari Microsoft Xbox.

Dikutip dari Cnet, teknologi tersebut bisa mengalihkan mengambil alih input dari keyboard dan mouse. Sebagai gantinya, dipakailah serangkaian sensor yang ditempatkan di sekeliling layar monitor.

Teknologi ini bisa mendeteksi apabila pengguna menjauh dari komputer dan secara otomatis mengalihkan kendali dari keyboard dan mouse ke gesture control alias deteksi gerakan tubuh.

Menurut penjelasan dalam deskripsi paten tersebut, pengguna kemudian bisa memakai gerakan tubuh untuk melakukan berbagai macam interaksi dengan komputer, seperti scrolling, zooming, dan melakukan seleksi obyek.

Apple disinyalir berencana menerapkan teknologi di perangkat komputer Mac dan televisi. Boleh jadi, fitur tersebut juga akan dipakai di gadget mobile buatannya seperti iPhone dan iPad.

Permohonan paten atas teknologi ini kabarnya sudah lama diajukan oleh Apple, yaitu pada 2008 atau dua tahun sebelum debut Kinect di konsol game Xbox.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com