Duet Microsoft-Nokia Baru "Sukses" pada 2017

Kompas.com - 06/09/2013, 14:51 WIB
Tampilan Windows Phone 8 NokiaTampilan Windows Phone 8
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Tampilan Windows Phone 8

KOMPAS.com — Seusai pengumuman akuisisi atas Nokia, Microsoft mengungkapkan targetnya untuk meningkatkan pangsa pasar global Windows Phone hingga mencapai 13,2 persen pada 2018. Apakah harapan itu realistis atau terlalu muluk?

IDC agaknya setuju dengan angka yang diajukan Microsoft. Dikutip dari BGR, lembaga riset ini pada Rabu (4/9/2013) lalu merilis perkiraan kondisi pasar smartphone pada 2017.

Pada 2017 yang hanya berselisih setahun dari target Microsoft tersebut, pangsa Windows Phone diestimasi IDC bakal mencapai "dua digit", yaitu 10,2 persen.

Sebagai perbandingan, pangsa pasar global Windows Phone saat ini terpaut di angka 3,7 persen, menurut data kuartal II-2013 dari IDC.

Tambahan pangsa pasar Windows Phone itu diperkirakan berasal dari Android, yang pangsa pasarnya diperkirakan turun dari 79,3 persen saat ini menjadi 68,3 persen pada 2017.

Di sisi lain, platform iOS besutan Apple diproyeksikan naik menjadi 17,9 persen sehingga urutan pertama dan kedua di pasar smartphone akan tetap dikuasai oleh platform tersebut dan Android.

Adapun angka pengapalan smartphone secara keseluruhan diprediksi bisa mencapai 1,7 miliar unit pada 2017.



Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X