Produsen Android Bertarung di IFA 2013

Kompas.com - 07/09/2013, 15:37 WIB
Pameran alat-alat elektronik terbesar di Eropa, IFA 2013, resmi dibuka di Berlin, Jerman, Jumat (6/9/2013). Kompas.com/Hindra LiauwPameran alat-alat elektronik terbesar di Eropa, IFA 2013, resmi dibuka di Berlin, Jerman, Jumat (6/9/2013).
Penulis Hindra Liauw
|
EditorAditya Panji
BERLIN, KOMPAS.com - Pameran gadget dan produk elektronik terbesar di Eropa, Internationale Funkausstellung ( IFA) 2013, resmi dibuka di Berlin, Jerman, Kamis (5/9/2013). IFA 2013 menjadi medan perang bagi produsen Android dan perusahaan teknologi lain yang ingin memamerkan produk terbarunya.

Hindra Liauw, jurnalis Kompas.com yang menghadiri acara tersebut, melaporkan sejak Kamis pagi ribuan orang telah memadati Gedung Messe, Berlin, lokasi digelarnya IFA 2013. Mereka hendak melihat produk terkini dari perusahaan teknologi.

Salah satu yang menarik untuk disoroti adalah, persaingan bisnis perangkat mobile Android. Semua produsen Android besar, seperti Samsung, Sony, LG dan HTC, ikut dalam pameran ini dan akan memperkenalkan produk baru.

Samsung Electronics memamerkan sejumlah produknya termasuk Samsung Galaxy Note III, Samsung Galaxy Gear, dan Samsung Galaxy Note 10.1 Edisi 2014.

Sony juga akan meluncurkan telepon pintar Xperia Z1 yang memakai prosesor Snapdragon 800. Telepon pintar yang memiliki bentang layar 6,4 inchi ini juga dilengkapi dengan kamera 21 megapiksel.

Sementara itu, LG Electronic menyiapkan G Pad 8.3. Produk ini termasuk tablet pertama yang memiliki layar HD (1.920 x 1.200 pixel). G Pad 8.3 dikatakan memiliki memori internal 16 GB, RAM 2 GB, dan prosesor Qualcomm Snapdragon 600 quad-core. Tak hanya itu, produk LG teranyar ini juga akan berjalan di sistem operasi Android 4.2.2.

HTC juga dikabarkan akan meluncurkan HTC One Max, telepon pintar yang memiliki bentang layar 5,9 inchi dan memakai prosesor Snapdragon 800 kecepatan 2,3 GHz. Telepon pintar ini juga dilengkapi RAM 2 GB.

Ajang IFA selalu berlangsung di kota Berlin dan merupakan pameran teknologi tertua di Jerman, yang digelar sejak 1920. Produk yang dipamerkan tak sekadar seputar ponsel pintar, tablet, atau komputer, tetapi juga terdapat televisi, mesin cuci, AC, dan berbagai peralatan elektronik rumah tangga lainnya.

Awalnya, IFA menggelar pameran teknologi radio, kemudian berlanjut dengan teknologi televisi, dan kini berbagai teknologi baru digelar di sana.

IFA tahun ini, akan dibuka untuk umum pada 6-11 September 2013. Tak kurang 200.000 pengunjung dan produsen turut meramaikan pameran ini.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X