Kompas.com - 08/09/2013, 10:14 WIB
Beberapa ponsel Nokia yang ada di Nokia Museum Nokia MuseumBeberapa ponsel Nokia yang ada di Nokia Museum
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Beberapa ponsel Nokia yang ada di Nokia Museum

KOMPAS.com - "Tahun 1865, seorang insinyur bernama Fredrik Idestam membangun penggilingan bubur kayu dan mulai memproduksi kertas di selatan Finlandia, di tepi sebuah sungai."

Awal kisah berdirinya Nokia tersebut tertulis di laman utama "Nokia Museum", situs yang mendedikasikan diri untuk mengabadikan produk-produk ponsel besutan produsen kenamaan itu. Dikisahkan, dalam perjalanannya Nokia bergabung dengan beberapa perusahaan lain dan mulai memproduksi telepon portabel pada 1982.

Seperti dikutip dari BGR, di sini terpampang gambar berbagai macam produk telepon seluler yang pernah dibuat Nokia, mulai dari perangkat serupa kotak radio besar seberat 10 kg yang muncul di awal dekade 80-an hingga Lumia 1020 yang terbaru. Penjelasan spesifikasi masing-masingnya tak lupa disertakan

Situs ini bukan resmi dibuat oleh Nokia, melainkan dari inisiatif seseorang bernama Alan Labau. Meski begitu, "museum virtual" tersebut cukup menarik dikunjungi, terlebih setelah Nokia diakuisisi oleh Microsoft.

Microsoft turut memboyong nama "Lumia" dan "Asha" yang merupakan merek ponsel Nokia. Nantinya, kedua jenis ponsel tersebut akan mengusung nama Microsoft, bukan Nokia.

Dengan kata lain, produsen asal Finlandia yang sempat mendominasi pasar ponsel selama 14 tahun itu akan segera undur diri dari industri mobile yang ikut dibesarkannya.

Tertarik mengunjungi? Silakan akses Nokia Museum  lewat tautan berikut untuk mengenang sejarah panjang perusahaan yang namanya pernah begitu lekat dengan produk ponsel ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X