Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, "Candy Crush" Dimainkan 130 Juta Pengguna

Kompas.com - 09/09/2013, 10:41 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com — Candy Crush Saga, game populer di Facebook dan perangkat mobile yang dibuat oleh perusahaan King, berhasil meraih pencapaian spektakuler. Sekarang, permainan puzzle itu mengalami pertumbuhan cepat dari sisi jumlah pengguna.

AppData, perusahaan riset pasar yang memantau aktivitas game dan aplikasi di Facebook, mengatakan bahwa hingga 30 Agustus 2013, sebanyak 132.445.185 pengguna memainkan Candy Crush Saga setidaknya sekali dalam sebulan.

Sebelumnya, pada Maret lalu, AppData melaporkan bahwa Candy Crush Saga dimainkan oleh 40 juta pengguna.

Candy Crush kali pertama dirilis di Facebook pada April 2012. King kemudian merilis permainan tersebut untuk ponsel pintar Android dan iPhone pada November 2012.

Data terbaru tersebut tentu menjadi kabar baik bagi King karena perusahaan ini berencana menetapkan harga saham perdana kepada publik atau initial public offering (IPO).

The Wall Street Journal melaporkan, perusahaan itu mempekerjakan bankir asal London, Inggris, untuk mengurusi proses IPO di bursa saham Amerika Serikat.

Perusahaan yang didirikan pada Agustus 2003 dan berasal dari London, Inggris, ini mulanya bernama Midasplayer. Para pendirinya adalah Riccardo Zacconi, Sebastian Knutsson, Lars Markgren, Toby Rowland, Thomas Hartwig, dan Patrik Stymne. Mulanya, mereka fokus pada game berbasis web.

Setelah mendapat investasi dari Apax Partners dan Index Ventures pada September 2005, Midasplayer berganti nama menjadi King. Sejak saat itu, mereka mulai membuat game ke berbagai platform, termasuk perangkat mobile.

Permainanyang dibuat King laris di pasaran dan mengalami pertumbuhan signifikan. Tahun lalu, King telah melewati Electronic Arts (EA) dalam hal jumlah pengguna yang aktif memainkan game setiap harinya di Facebook. Pada awal 2013, King berhasil melewati Zynga.

Sekarang, AppData mencatat, permainan buatan King dimainkan oleh 246.9 juta pengguna aktif bulanan, hampir dua kali lipat permainan buatan Zynga yang dimainkan oleh 125,5 juta pengguna aktif bulanan.

Berikut data aktivitas game/aplikasi dan pengembang di Facebook menurut hasil riset AppData hingga 30 Agustus 2013:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com