Produsen Mobil Ikutan Bikin Jam Tangan Pintar

Kompas.com - 09/09/2013, 15:02 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Tren wearable device alias gadget yang dikenakan di tubuh pengguna agaknya tak hanya diminati oleh perusahaan teknologi.  Nissan pun rupanya tertarik untuk membuat produk serupa Samsung Galaxy Gear dan Sony SmartWatch.

Pabrikan mobil besar tersebut Senin (9/9/2013) ini dilaporkan mengungkap keberadaan produk jam tangan pintar bernama "Nismo Concept Watch". Sesuai panggilannya, produk tersebut ditujukan bagi pengemudi mobil Nissan seri nismo.

Dikutip dari The Inquirer, Nismo Concept Watch mampu memonitor aspek-aspek yang terkait dengan kinerja kendaraan, seperti kecepatan rata-rata dan konsumsi bahan bakar, lalu meneruskannya ke pergelangan tangan pengemudi.

Jam tangan pintar ini pun disebutkan bisa turut merekam detak jantung pengguna dan menghubungkannya ke media-media sosial.

Pihak Nissan juga mengatakan bahwa fungsi-fungsi lain seperti monitoring suhu kulit dan tingkat konsentrasi akan turut disertakan di masa depan agar Nismo Concept Watch bisa mengingatkan pengguna apabila kondisi tubuhnya sedang tidak fit untuk mengemudi.

Adapun koneksi ke mobil dilakukan lewat perantara smartphone, melalui Bluetooth.

Nissan adalah produsen mobil pertama yang turut terjun ke kancah wearable device. "Gadget yang dikenakan di tubuh dengan cepat berkembang menjadi trend besar. Kami ingin memanfaatkan teknologi inovatif ini untuk meningkatkan jangkauan brand Nismo kami," ujar manajer komunikasi pemasaran Nissan Eropa Gareth Dunsmore.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.