Kompas.com - 10/09/2013, 07:33 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Usai meluncurkan Opera for Android, Opera Software kembali memperkenalkan produk browser yang ditujukan untuk perangkat mobile, kali ini untuk platform tablet iPad besutan Apple. Namanya, "Coast by Opera".

Coast mengusung antarmuka yang sederhana dan jauh berbeda dibandingkan peramban-peramban terdahulu dari Opera. Browser ini menampilkan laman situs web dengan hampir memenuhi layar, tanpa adanya kolom URL maupun tombol-tombol navigasi "back" dan "forward".

Sebagai ganti tombol-tombol itu, Coast mengandalkan input berbasis gestur. Untuk menjalankan aksi yang biasa diakses lewat tombol "back", misalnya, pengguna cukup menyapukan jari ke arah kiri. Aksi "forward" dilakukan dengan menyapu jari ke arah sebaliknya.

Opera
Coast by Opera

"Kami memang sengaja merancang ulang antarmuka di Coast by Opera, untuk menyasar pengguna yang tak mau rumit, tetapi tetap aktif menjelajah internet," terang Manajer Komunikasi Opera Indonesia Agnes Agastia kepada KompasTekno di Jakarta, Senin (9/9/2013).

Tampilan utama Coast diisi oleh laman URL/search dan sejumlah icon speed dial atau bookmark yang bisa ditambahkan sendiri oleh pengguna. Home screen ini bisa diakses kembali lewat icon "home" yang terdapat di sisi bawah dalam tampilan website.

Opera
Coast by Opera

Di sebelah kanan icon "home" terdapat icon "recent sites" yang berperan seperti fungsi "history" pada peramban-peramban internet pada umumnya, sekaligus merupakan antarmuka multi-tab browsing. Jendela-jendela situs yang terbuka diperlihatkan dalam tampilan "recent sites" dan bisa dipilih dengan menyapukan jari ke arah kanan dan kiri.

Opera juga menambahkan fitur keamanan pada Coast yang tersambung ke database online Opera. Fitur ini akan memblokir akses ke situs berbahaya secara otomatis. Adapun informasi keamanan sebuah situs (misalnya ketika mengakses protokol HTTPS) bisa dilihat dengan menekan tombol "i" pada tampilan window situs di interface "recent history".

Eksklusif iPad

Ditambahkan oleh Agnes, browser Coast by Opera yang berbasis Webkit tersebut kompatibel serta dioptimalkan untuk iPad 2 dan yang lebih baru, termasuk iPad Mini. Pihak Opera belum berencana memindahkan Coast ke platform iPhone maupun smartphone dan tablet Android.

Menurut Agnes, ini karena browser yang bersangkutan memang memiliki fungsi yang berbeda dengan produk-produk sejenis lainnya dari Opera. "Coast tidak memiliki fitur kompresi data seperti Opera Mini yang ditujukan untuk pengguna budget dan sering mengakses internet. Rancangan Coast sesuai dengan tinjauan kami mengenai profil pengguna iPad," imbuhnya.

Pihak Opera sendiri disebut Agnes belum berencana memperluas jangkauan Coast ke platform iPhone maupun smartphone dan tablet Android.

Tertarik mencoba? Coast sudah tersedia di App Store Apple dan bisa diunduh mulai hari ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.