XL Pamer Kencangnya Internet 4G

Kompas.com - 10/09/2013, 09:50 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL kembali melakukan uji coba layanan telekomunikasi seluler generasi keempat (4G) atau Long Term Evolution (LTE). Berbeda dari sebelumnya, uji coba kali ini dilakukan langsung secara live dari jaringan XL.

"Kali ini, kita kasih sneak peak sedikit, akan seperti apa koneksi 4G dan aplikasi yang mendukungnya. Kita mau kasih lihat pengalaman 4G seperti apa, aplikasi yang mendukungnya bisa apa saja," kata Ongki Kurniawan, Director/Chief Service Management Officer PT XL Axiata Tbk di Jakarta, Senin (9/9/2013).

Pada uji coba yang didemonstrasikan di Menara Prima, Jakarta, jaringan XL mampu memberikan kecepatan unduh (download) data sebesar 27,42 megabit per detik (Mbps) atau sekitar 3,4 megabyte per detik (MBps).

Sementara itu, kecepatan unggahnya (upload) adalah sebesar 5,82 megabit per detik (Mbps) atau 0,65 megabyte per detik (MBps). Pengujian kecepatan unduh dan unggah ini dilakukan dengan menggunakan layanan dari situs speedtest.net.

KOMPAS.com/Deliusno Kecepatan unduh 4G XL berdasarkan Speedtest.net
Pengujian kali ini dilakukan hanya di empat perangkat. Oleh karena itu, kecepatan jaringan pada saat sudah komersial nanti bisa saja berbeda.

Uji coba video konferensi dari Menara Prima ke Bali, menggunakan aplikasi Skype HD, juga menghasilkan gambar yang jelas, jernih, dan tanpa putus.

KOMPAS.com/Deliusno
Video Call berjalan mulus, tanpa ada lag yang terlalu berarti
Menonton video HD melalui situs berbagi video YouTube juga berjalan secara baik, tanpa putus-putus.

Menurut Kurniawan, XL terus melakukan persiapan untuk jaringan layanan LTE ini. Namun, ia belum bisa memberikan jaminan, kapan jaringan LTE akan masuk ke tahap komersil atau tersedia untuk digunakan oleh pelanggan. "Launch komersialnya masih belum fixed," ungkap Kurniawan.

Pengujian indoor dan outdoor

Kurniawan mengaku, sudah mendapat izin dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), khususnya SDPPI, untuk pengujian LTE langsung di jaringan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X