Meski Diblokir, Presiden Iran Punya Akun Facebook?

Kompas.com - 11/09/2013, 10:24 WIB
Halaman Facebook pribadi Presiden Iran CnetHalaman Facebook pribadi Presiden Iran
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Sampai sekarang ini, Iran tercatat sebagai negara yang paling banyak melakukan pemblokiran situs web di internet. Salah satu yang diblokir di negara tersebut adalah jejaring sosial Facebook.

Namun, peraturan pemblokiran Facebook ini tampaknya tidak berpengaruh ke seluruh warga negara tersebut. Pasalnya, pihak pemerintah, khususnya Presiden Iran terpilih Hassan Rohani, diyakini masih sering mengakses Facebook.

Bahkan, Rohani sendiri diketahui mendorong para staf pemerintah dan menterinya untuk bergabung ke situs web buatan Mark Zuckerberg ini.

Sejak memimpin Iran, seperti dikutip dari Cnet, Selasa (10/9/2013), Rohani berusaha tampil beda dari presiden pendahulunya, Mahmoud Ahmadinejad. Selain memiliki halaman Facebook pribadi dan juga mengajak para karyawan untuk mengikuti jejaknya, Rohani dikatakan lebih terbuka terkait situasi Iran di dunia maya.

Permasalahannya, Facebook dan beberapa situs web lainnya sebagian besar diblokir di Iran.

Dengan bebasnya Rohani berselancar di dunia maya, banyak yang menduga bahwa larangan pemblokiran situs web di Iran akan mulai dicabut. Namun, menurut Kepala Pengawas Konten Internet Iran Gholam Hossein Mohseni Ejehei, hal tersebut belum akan terjadi.

"Ini bukan waktunya untuk mengangkat pemblokiran pada Facebook dan situs lain," kata Ejehei kepada Associated Press.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain Facebook, pemerintah Iran melakukan pemblokiran terhadap Twitter dam YouTube. Pemerintah Iran berpendapat, situs-situs web tersebut berpotensi menyinggung perasaan umat Islam atau memacu kriminalitas.

Namun, banyak warga Iran percaya pemblokiran tersebut disebabkan jejaring sosial ini kerap digunakan untuk menyalurkan wacana protes antipemerintah setelah Presiden Ahmadinejad terpilih kembali pada 2009.



Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.