Kompas.com - 11/09/2013, 11:24 WIB
CEO Intel Brian Krzanich memamerkan prosesor yang dibangun dengan proses fabrikasi 14 nano meter IntelCEO Intel Brian Krzanich memamerkan prosesor yang dibangun dengan proses fabrikasi 14 nano meter
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Prosesor Intel Core-i generasi keempat yang diberi kode nama Haswell, mampu membuat baterai laptop bertahan seharian. Namun, Intel tak puas sampai di situ, perusahaan sedang menyiapkan prosesor yang lebih irit dari Haswell.

Prosesor kode nama Broadwell, yang akan menjadi penerus Haswell, diklaim dapat menghemat daya 30 persen dari pendahulunya.

"Kami meningkatkan daya 30 persen. Dan kita belum selesai. Itu hanya uji coba yang telah kita lakukan sejauh ini," kata CEO Intel Brian Krzanich dalam acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (10/9/2013), seperti dilaporkan wartawan KompasTekno, Aditya Panji.

Prosesor Haswell telah dipakai oleh Apple untuk produk MacBook Air versi tahun 2013. Menurut uji produk yang dilakukan beberapa media massa, Haswell membuat MacBook Air 13 inci terbaru bertahan hingga 12 jam lebih.

Untuk prosesor Broadwell, Intel mengatakan bakal meningkatkan efisiensi performa. Selain itu, perusahaan juga berusaha menghilangkan suara bising kipas di prosesor. Bahkan, ada pula rencana untuk mendukung perangkat tanpa kipas.

Prosesor Broadwell rencananya mulai diproduksi pada akhir tahun ini dan akan dipasarkan pada 2014. Bentuk fisik Broadwell sangat kecil, karena dibangun dengan proses fabrikasi 14 nano meter (nm).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.