Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Broadwell Bikin Baterai Laptop Makin Awet

Kompas.com - 11/09/2013, 11:24 WIB
Aditya Panji

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Prosesor Intel Core-i generasi keempat yang diberi kode nama Haswell, mampu membuat baterai laptop bertahan seharian. Namun, Intel tak puas sampai di situ, perusahaan sedang menyiapkan prosesor yang lebih irit dari Haswell.

Prosesor kode nama Broadwell, yang akan menjadi penerus Haswell, diklaim dapat menghemat daya 30 persen dari pendahulunya.

"Kami meningkatkan daya 30 persen. Dan kita belum selesai. Itu hanya uji coba yang telah kita lakukan sejauh ini," kata CEO Intel Brian Krzanich dalam acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (10/9/2013), seperti dilaporkan wartawan KompasTekno, Aditya Panji.

Prosesor Haswell telah dipakai oleh Apple untuk produk MacBook Air versi tahun 2013. Menurut uji produk yang dilakukan beberapa media massa, Haswell membuat MacBook Air 13 inci terbaru bertahan hingga 12 jam lebih.

Untuk prosesor Broadwell, Intel mengatakan bakal meningkatkan efisiensi performa. Selain itu, perusahaan juga berusaha menghilangkan suara bising kipas di prosesor. Bahkan, ada pula rencana untuk mendukung perangkat tanpa kipas.

Prosesor Broadwell rencananya mulai diproduksi pada akhir tahun ini dan akan dipasarkan pada 2014. Bentuk fisik Broadwell sangat kecil, karena dibangun dengan proses fabrikasi 14 nano meter (nm).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com