Kompas.com - 11/09/2013, 12:57 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Setelah bermain dalam bisnis perangkat komputer pribadi, server, dan perangkat mobile, Intel menyatakan niatnya untuk masuk ke bisnis perangkat cerdas yang dipakai di tubuh manusia (wearable device), termasuk gelang, jam tangan, dan kacamata pintar.

Pihak Intel meyakini bahwa industri komputasi akan mengarah kepada perangkat yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih fleksibel. Karena itu, perusahaan memiliki sasaran bisnis baru; wearable device.

"Ponsel pintar dan tablet bukanlah akhir dari segalanya. Gelombang komputasi berikutnya masih didefinisikan," ujar CEO Intel Brian Krzanich dalam acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, AS, Selasa (10/9/2013).

Untuk masuk ke bisnis wearable device, Intel membuat prosesor yang dibangun dengan proses fabrikasi 14 nanometer. Keluarga prosesor yang berukuran sangat kecil ini diberi nama Quark.

Dalam presentasinya di IDF 2013, seperti dilaporkan wartawan KompasTekno Aditya Panji, Krzanich mengambil contoh gelang sebagai produk yang dapat memakai prosesor Quark. Bukan hanya gelang, Intel juga berharap prosesor ini dapat dipakai di produk jam tangan dan kacamata pintar.

Prosesor Quark juga akan mendukung koneksi nirkabel 4G LTE-Advanced hingga 75 Mbps. Perusahaan sedang mengembangkan modem Intel XMM 7260 untuk merealisasikan hal tersebut, dan prosesor Quark diharapkan bisa mulai dipasarkan pada 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.