Seperti PC, Tablet Android Bisa Pakai Hard Disk

Kompas.com - 11/09/2013, 14:26 WIB
HDD berkapasitas besar untuk tablet dari Seagate SeagateHDD berkapasitas besar untuk tablet dari Seagate
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Kapasitas media penyimpanan internal perangkat tablet akan semakin mendekati laptop dan PC. Apabila selama ini kebanyakan tablet yang beredar memiliki kapasitas sebesar 64 GB, untuk ke depannya, konsumen akan menemukan tablet berkapasitas simpan sebesar 500 GB di pasaran.

Hal tersebut dimungkinkan berkat produk hard disk Ultra Mobile HDD generasi terbaru hasil besutan Seagate. Perangkat tersebut memiliki kapasitas sebesar 500 GB dan didesain khusus untuk tablet berbasiskan Android.

Pihak Seagate, dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Selasa (10/9/2013), mengklaim bahwa kinerja, kekuatan, dan keandalan dari hard disk buatan mereka tidak akan jauh berbeda dari memori flash.

Sekadar informasi, memori flash merupakan jenis media penyimpanan yang banyak digunakan oleh vendor tablet saat ini.

Hard disk ini memiliki ukuran 2,5 inci dan ketebalan 5 mm. Bobotnya tidak lebih dari 90 gram.

Sementara, hard disk baru ini juga akan dilengkapi dengan teknologi yang dinamakan Seagate Dynamic Data Driver. Teknologi ini mengizinkan konsumsi daya yang rendah, meskipun kapasitas produk ini tujuh kali lebih besar dari yang ada di pasaran saat ini. Selain itu, produk ini juga dipersenjatai flash cache sebesar 8 GB untuk menjaga performa kecepatannya.

Belum diketahui vendor apa saja yang akan menggunakan hard disk ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X