Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Luncurkan Prosesor Bay Trail

Kompas.com - 12/09/2013, 08:38 WIB
Aditya Panji

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Intel resmi memperkenalkan prosesor system-on-chip (SoC) generasi terbaru dari keluarga Atom Z3000, yakni Bay Trail, yang menggunakan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm).

Prosesor ini didesain untuk perangkat komputer tablet, perangkat two-in-one, all-in-one, laptop, dan desktop, baik yang berjalan dengan sistem operasi Windows, Android, Chrome, Mac OS, dan Linux. Bay Trail juga siap digunakan untuk perangkat komputer yang tidak menggunakan unit kipas pada prosesornya.

Dalam acara Intel Developer Forum 2013 yang digelar di San Francisco, AS, Rabu (11/9/2013), Intel mengatakan prosesor ini siap digunakan oleh lima perusahaan komputer besar, yakni Acer, Asus, Dell, Lenovo, dan Toshiba.

"Dengan Bay Trail, mitra pemanufaktur kami dapat membuat perangkat dengan berbagai macam kisaran harga," ujar Hermann Eul, Corporate Vice President and General Manager, Mobile and Communications Group Intel.

Ia mengatakan, performa dan kualitas grafis Bay Trail lebih cepat dua kali lipat dari prosesor generasi sebelumnya. Sementara untuk ketahanan baterai, perangkat dengan Bay Trail mampu bertahan hingga 10 jam.

Prosesor Bay Trail menggunakan unit pemroses grafis Intel HD yang mendukung DirectX 11, OpenGL ES 3.0, dan mendukung layar dengan resolusi 2.560 x 1.600 pixel. Tak berhenti sampai di situ, Bay Trail juga mendukung teknologi video 4K.

Bay Trail akan tersedia untuk prosesor jenis dual-core dan quad-core, dengan kecepatan dan kapasitas yang berbeda-beda. Namun, Intel dan mitra-mitranya tidak memberi tahu kapan perangkat komputer dengan Bay Trail akan dilepas ke pasar.

Aditya Panji/KompasTekno
Prosesor Bay Trail disandingkan dengan uang koin satu sen Amerika Serikat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com