Kompas.com - 12/09/2013, 08:38 WIB
Corporate Vice President and General Manager, Mobile and Communications Group Intel, Herman Eul, memperkenalkan prosesor Bay Trail di acara IDF 2013 di San Francisco, AS. Aditya Panji/KompasTeknoCorporate Vice President and General Manager, Mobile and Communications Group Intel, Herman Eul, memperkenalkan prosesor Bay Trail di acara IDF 2013 di San Francisco, AS.
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Intel resmi memperkenalkan prosesor system-on-chip (SoC) generasi terbaru dari keluarga Atom Z3000, yakni Bay Trail, yang menggunakan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm).

Prosesor ini didesain untuk perangkat komputer tablet, perangkat two-in-one, all-in-one, laptop, dan desktop, baik yang berjalan dengan sistem operasi Windows, Android, Chrome, Mac OS, dan Linux. Bay Trail juga siap digunakan untuk perangkat komputer yang tidak menggunakan unit kipas pada prosesornya.

Dalam acara Intel Developer Forum 2013 yang digelar di San Francisco, AS, Rabu (11/9/2013), Intel mengatakan prosesor ini siap digunakan oleh lima perusahaan komputer besar, yakni Acer, Asus, Dell, Lenovo, dan Toshiba.

"Dengan Bay Trail, mitra pemanufaktur kami dapat membuat perangkat dengan berbagai macam kisaran harga," ujar Hermann Eul, Corporate Vice President and General Manager, Mobile and Communications Group Intel.

Ia mengatakan, performa dan kualitas grafis Bay Trail lebih cepat dua kali lipat dari prosesor generasi sebelumnya. Sementara untuk ketahanan baterai, perangkat dengan Bay Trail mampu bertahan hingga 10 jam.

Prosesor Bay Trail menggunakan unit pemroses grafis Intel HD yang mendukung DirectX 11, OpenGL ES 3.0, dan mendukung layar dengan resolusi 2.560 x 1.600 pixel. Tak berhenti sampai di situ, Bay Trail juga mendukung teknologi video 4K.

Bay Trail akan tersedia untuk prosesor jenis dual-core dan quad-core, dengan kecepatan dan kapasitas yang berbeda-beda. Namun, Intel dan mitra-mitranya tidak memberi tahu kapan perangkat komputer dengan Bay Trail akan dilepas ke pasar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aditya Panji/KompasTekno
Prosesor Bay Trail disandingkan dengan uang koin satu sen Amerika Serikat
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.