Aplikasi Bioinformatika di Android

Kompas.com - 12/09/2013, 12:37 WIB
Screenshot aplikasi Mentha di Google Play. (Google Play)Screenshot aplikasi Mentha di Google Play.
EditorWicak Hidayat
Penulis: Arli Aditya Parikesit*

KOMPAS.com - Sistem komputasi awan (cloud) telah mempermudah pengolahan data biologis. Aplikasi seperti Google Drive, Dropbox, dan Skydrive dapat digunakan untuk menyimpan data tersebut, sehingga dapat dianalisis di mana saja.

Sementara itu, Tools bioinformatika dapat diakses pada gadget berbasis Android, sehingga mempermudah proses komputasi di mana saja, selama masih ada akses kepada komputasi awan.

Bioinformatics on the go

Selama ini, analisis bioinformatika hanya dapat dilakukan pada PC atau komputer besar. Namun, sejalan dengan berkembangnya teknologi gadget, maka analisis yang lebih sederhana dapat dilakukan pada gadget (smarphone dan tablet), terutama yang berbasis Android. Mengapa Android? Karena ia berbasis open source, sehingga tidak memerlukan biaya yang besar untuk pengembangan aplikasi ilmiah.

Tetapi, user harus bersabar dalam menggunakan aplikasi bioinformatika pada gadget, karena data dalam ukuran besar, atau komputasi yang sangat rumit, tidak dapat dianalisis di platform yang mini tersebut.

Lebih enak, kalau aplikasi-aplikasi mini tersebut dibuka pada tablet karena butuh display yang agak besar. Ke depannya, aplikasi ‘on the go’ ini bisa menjadi front end untuk mensubmit data ke sistim cloud bioinformatika. Sekarang, Amazon sudah menginstall engine Genome Browser pada cloud besutannya, sehingga menjadikan aplikasi gadget untuk front end ke cloud adalah sangat mungkin.

Beberapa Contoh Aplikasi Bioinformatika pada Android

Jika kita membuka Google Play, maka kita akan menemukan cukup banyak aplikasi bioinformatika. Namun, jika kita teliti dan kaji lebih dalam, hanya ada beberapa aplikasi yang mudah digunakan dan memiliki kemampuan mendekati versi desktopnya, selama data yang dikomputasi jumlahnya terbatas.

Aplikasi BAK4BIO (Brazilian Army Knife for Bioinformatics), merupakan suatu front end yang didesain untuk mengakses database bioinformatika. Apa saja yang dapat diakses? Contohnya NCBI, DDBK, KEGG, EBI, dan PDBJ. BAK4BIO dapat digunakan untuk mengintegrasi manajemen data terhadap data genomik, proteomik, dan metabolomik.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X