Kompas.com - 12/09/2013, 13:47 WIB
Senior Vice President and General Manager, PC Client Group Intel, Kirk Skaugen, memamerkan komputer yang telah dibekali kamera perceptual computing di IDF 2013. IntelSenior Vice President and General Manager, PC Client Group Intel, Kirk Skaugen, memamerkan komputer yang telah dibekali kamera perceptual computing di IDF 2013.
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Konsep teknologi perceptual computing yang diperkenalkan oleh Intel, sebentar lagi akan diadopsi secara massal. Di tahun 2014, beberapa model Ultrabook akan menggunakan teknologi ini.

Perceptual computing memungkinkan pengguna menavigasi perangkat komputer dengan "bahasa tubuh," termasuk gerakan tangan dan jari, suara, sampai suhu tubuh.

Melalui perangkat kamera yang dibekali sensor khusus, "bahasa tubuh" tersebut diubah menjadi jenis input untuk menavigasi komputer.

Senior Vice President and General Manager, PC Client Group Intel, Kirk Skaugen mengatakan, perusahaan telah membuat pra-rupa Ultrabook yang kameranya dapat mendeteksi gerakan interaktif.

Selanjutnya, pada 2014 nanti, beberapa produsen komputer besar seperti Asus, Dell, HP, dan Lenovo, akan membuat Ultrabook yang kameranya mendukung perceptual computing.

Seperti dilaporkan wartawan KompasTekno Aditya Panji, pra-rupa komputer yang mendukung perceptual computing itu dipamerkan dalam acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, AS, Rabu (11/9/2013). Skaugen mendemokan bagaimana gerakan jari tangannya dapat mengontrol komputer.

Tak hanya itu, ia juga berinteraksi dengan kupu-kupu virtual yang menggunakan teknologi augmented reality. Ini berarti, kamera tersebut dapat diaplikasikan ke dalam game.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekarang ini, perangkat untuk mendeteksi gerakan "bahasa tubuh" itu sudah terwujud dalam bentuk kamera yang mendeteksi kedalaman ruangan (3D-depth sensing) Creative Senz3D Interactive Gesture.

Kamera ini, terang Skaugen, mampu membedakan bentuk wajah, subjek foreground, dan background, serta jarak tangan dari layar. Ia mendeteksi jarak pengguna mulai 3 sampai 36 inci serta memiliki cakupan pandangan selebar 85 derajat.

Untuk mengembangkan ekosistem perceptual computing, Intel mempersilakan siapa saja untuk turut mengembangkan aplikasi perceptual computing.

Perusahaan telah menyediakan software development kit (SDK) untuk perceptual computing dan menyediakan toko aplikasi online IntelAppUp sebagai pusat mengunduh aplikasi untuk perceptual computing.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.