Kompas.com - 13/09/2013, 10:11 WIB
Doug Fisher dari Intel dan Sundar Pichai dari Google, memperkenalkan laptop berbasis Chrome terbaru yang memakai prosesor Intel Core i generasi keempat (Haswell). Aditya Panji/KompasTeknoDoug Fisher dari Intel dan Sundar Pichai dari Google, memperkenalkan laptop berbasis Chrome terbaru yang memakai prosesor Intel Core i generasi keempat (Haswell).
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Intel dan Google memperkenalkan komputer jinjing Chromebook terbaru yang memakai prosesor Intel Core-i generasi keempat, atau biasa disebut Haswell, di acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, AS, Rabu (11/9/2013).

Produk Chromebook terbaru itu diperkenalkan oleh Doug Fisher (Corporate Vice President and General Manager, Software and Services Group Intel) dan Sundar Pichai (Senior Vice President, Android, Chrome, dan Apps Google).

Selain HP dan Acer, kini komputer Chromebook yang berjalan dengan sistem operasi Chrome OS, juga akan diproduksi oleh Asus dan Toshiba.

Prosesor Haswell yang akan dipakai pada Chromebook diklaim dapat mengirit konsumsi daya serta meningkatkan kinerja. "Perangkat Chromebook yang memakai prosesor Intel, baterainya lebih awet 50 persen, dan kinerjanya meningkat 15 persen, dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya," ujar Doug Fisher.

Namun, baik Intel dan Google, tidak mengungkapkan harga dan ketersediaan produk Chromebook di pasar yang memakai prosesor Haswell.

Dukungan produsen komputer Asus dan Toshiba terhadap Chrome menjadi titik terang bagi Google untuk lebih mempopulerkan sistem operasi berbasis komputasi awan itu (cloud computing). Komputer Chromebook sejatinya memerlukan koneksi internet yang mumpuni untuk mengakses data-data.

Antara Intel dan Google, juga saling menyatakan dukungan untuk sistem operasi mobile Android. Di segmen pasar low-end, Intel berjanji menyediakan prosesor yang memungkinkan sebuah tablet Android dijual di bawah harga 100 dollar AS.

Sementara untuk segmen pasar high-end, Intel menyediakan processor Atom Z3000 kode nama Bay Trail yang mampu meningkatkan efisiensi daya dan menawarkan performa tinggi. Prosesor Bay Trail yang dibangun dengan proses fabrikasi 22 nano meter (nm) ini, mendukung video resolusi tingkat tinggi 4K.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.