Inovasi Intel, Baju Pintar sampai Baterai Anggur

Kompas.com - 13/09/2013, 13:46 WIB
Intel mendemonstrasikan teknologi pakaian pintar dalam acara Intel Developer Forum 2013 di San Francisco, California, AS, Kamis (12/9/2013) Aditya Panji/KompasTeknoIntel mendemonstrasikan teknologi pakaian pintar dalam acara Intel Developer Forum 2013 di San Francisco, California, AS, Kamis (12/9/2013)
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Teknologi macam apa yang dibutuhkan manusia di masa depan? Jawaban itu masih didefinisikan oleh para pelaku industri teknologi. Namun, perusahaan semikonduktor Intel ingin membuat teknologi jadi lebih personal, lebih aman, dan lebih menyenangkan.

Dalam acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, AS, Kamis (12/9/2013), seperti dilaporkan wartawan KompasTekno Aditya Panji, Intel coba memamerkan beberapa teknologi masa depannya.

Yang menarik adalah pakaian pintar, yang termasuk dalam kategori perangkat pintar yang dipakai di tubuh manusia (wearable device).

Genevieve Bell, Director of Interaction and Experience Research di Intel Labs, mendemonstrasikan pakaian pintar berupa jaket untuk pesepeda yang dibuat oleh Berlin Fraunhofer Institute for Reliability and Microintegration.

Jaket tersebut dibekali dengan papan sirkuit yang diselimuti oleh kain. Di punggung jaket terdapat lampu LED berbentuk bulat-bulat kecil, yang dapat berkedip warna merah ketika pesepeda melakukan pengereman.

Secara fisik, jaket pintar yang dipamerkan itu hadir dengan warna cokelat. Ia didesain modis, memiliki ukuran yang pas dengan tubuh pemakainya.

Baterai anggur

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Intel sedang mencari alternatif lain dari baterai untuk menopang daya hidup sebuah perangkat. Perangkat yang ada di dunia ini, kata Bell, membutuhkan konsumsi daya rendah, bahkan lebih rendah dari yang ada saat ini.

"Konsumsi daya rendah sangat penting bagi masa depan perangkat yang dapat dipakai di tubuh manusia. Yang tak kalah penting adalah sensor untuk mendeteksi gerakan di sekitar ruangan," ujar Bell.

Aditya Panji/KompasTekno
Pra-rupa gelas dan anggur yang dapat menghidupkan perangkat komputer sederhana
Intel coba menjawab tantangan itu dengan eksperimen baterai yang terbuat dari gelas dan minuman anggur. Dalam demonstrasinya, Bell telah menyiapkan gelas bening yang telah dipasangkan sepasang elektroda. Begitu anggur dituang ke gelas, ia dapat menyalakan perangkat komputer sederhana yang dilengkapi jaringan prosesor, akselerometer, dan mendukung jaringan nirkabel.

"Visi global ini memerlukan interaksi antara teknologi yang memungkinkan segalanya dan apa yang diinginkan individu," kata Bell. Perusahaan asal Santa Clara, California, AS, itu membuka pintu selebar-lebarnya bagi siapa saja yang hendak bermitra untuk berinovasi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.