Kompas.com - 16/09/2013, 07:37 WIB
BlackBerry Q10 Oik Yusuf/KompasTeknoBlackBerry Q10
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — BlackBerry mulai dilirik sejumlah penawar potensial, termasuk perusahaan ekuitas swasta. Namun, beberapa penawar ternyata hanya tertarik dengan beberapa unit bisnis atau sejumlah paten yang dimiliki BlackBerry.

Beberapa sumber tepercaya mengatakan kepada kantor berita Reuters, ada perusahaan ekuitas swasta yang tertarik dengan paten dan bisnis sistem operasi BlackBerry. Ada pula yang hanya tertarik dengan paten papan ketik fisik (keypad) saja.

Beberapa hari lalu, masih menurut sumber tepercaya, sebuah perusahaan ekuitas swasta telah menandatangani perjanjian dan kesepakatan rahasia. Sumber itu tidak merinci kesepakatan macam apa yang telah diraih. Namun, ia menegaskan bahwa proses penjualan BlackBerry akan dimulai dalam beberapa pekan mendatang.

Jika perusahaan ekuitas swasta hanya tertarik membeli beberapa unit bisnis BlackBerry, lain ceritanya dengan Dewan Investasi Dana Pensiun Kanada. Lembaga ini dikabarkan tertarik membeli seluruh perusahaan BlackBerry.

Menurut estimasi sejumlah analis, seluruh perusahaan dan paten BlackBerry saat ini bernilai sekitar 5 miliar dollar AS.

Fairfax Financial Holdings, selaku pemegang saham mayoritas di BlackBerry, sedang dalam pembicaraan untuk melepas sahamnya kepada Dewan Investasi Dana Pensiun Kanada. Fairfax saat ini memiliki 10 persen saham di BlackBerry.

Pertengahan Agustus 2013, dewan direksi BlackBerry membentuk komite khusus untuk membahas langkah strategis yang akan diambil guna menentukan nasib perusahaan. Ada empat kemungkinan yang akan diambil dewan direksi jika pembahasan selesai dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, tidak melakukan langkah strategis apa pun dan melanjutkan rencana awal. Kedua, melakukan strategic line yang mungkin bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan lain dalam hal lisensi paten dan aplikasi. Ketiga, membentuk perusahaan patungan. Adapun yang keempat adalah menjual perusahaan.

Selain sistem operasi dan keypad, beberapa paten BlackBerry yang juga jadi incaran antara lain aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) dan layanan komunikasi mobile BlackBerry Enterprise Service (BES).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.