Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Siri Lepas Label "Beta"

Kompas.com - 17/09/2013, 15:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber LA Times

KOMPAS.com - Selama dua tahun semenjak pertama kali diperkenalkan pada 2011 lalu, layanan voice assistant Siri yang ditanamkan Apple di produk iPhone dan iPad masih berada dalam tahapan beta.

Kini, agaknya Apple merasa sudah cukup memoles Siri untuk melepas label "beta" itu.

Sebagaimana dilansir oleh LA Times, Apple telah memperbarui laman penjelasan tentang Siri di situs resminya dan membuang semua informasi yang menyatakan status "beta" aplikasi tersebut.

Tak lama lagi, tepatnya tanggal 18 September mendatang, bertepatan dengan tanggal peluncuran iOS7, Siri akan menjadi produk yang dianggap telah "selesai" sepenuhnya.

Selama dua tahun sejak kemunculannya itu pula Apple banyak menerapkan peningkatan pada Siri.

Aplikasi ini berubah dari sekedar gimmick dengan segudang bug, server lamban, dan informasi yang tidak akurat menjadi asisten digital yang paham berbagai macam bahasa dan mampu melakukan posting ke jejaring sosial dan menjalankan aplikasi.

Pada iOS7, Siri juga bakal mendapat sejumlah fitur baru, termasuk dalam hal interface dan pilihan jenis suara personal assistant. Ada pula kemampuan untuk mencari informasi di Wikipedia dan menelusuri tweet.

Tapi Siri kini tak sendiri. Google telah pula meluncurkan layanan serupa bernama Google Voice Search, yang juga tersedia untuk perangkat-perangkat iOS.

Google Now tidak bisa menjalankan aplikasi seperti Siri, tapi sejauh ini lebih bisa diandalkan untuk mencari informasi dan berita.

Tak lama lagi, Microsoft juga akan meluncurkan teknologi personal assistant bernama Cortana untuk platform Windows Phone. Bisakah Siri bersaing dengan kawan-kawan barunya ini dalam memenuhi kebutuhan pengguna?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber LA Times
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com