Kompas.com - 17/09/2013, 15:14 WIB
Apple Siri MashableApple Siri
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Selama dua tahun semenjak pertama kali diperkenalkan pada 2011 lalu, layanan voice assistant Siri yang ditanamkan Apple di produk iPhone dan iPad masih berada dalam tahapan beta.

Kini, agaknya Apple merasa sudah cukup memoles Siri untuk melepas label "beta" itu.

Sebagaimana dilansir oleh LA Times, Apple telah memperbarui laman penjelasan tentang Siri di situs resminya dan membuang semua informasi yang menyatakan status "beta" aplikasi tersebut.

Tak lama lagi, tepatnya tanggal 18 September mendatang, bertepatan dengan tanggal peluncuran iOS7, Siri akan menjadi produk yang dianggap telah "selesai" sepenuhnya.

Selama dua tahun sejak kemunculannya itu pula Apple banyak menerapkan peningkatan pada Siri.

Aplikasi ini berubah dari sekedar gimmick dengan segudang bug, server lamban, dan informasi yang tidak akurat menjadi asisten digital yang paham berbagai macam bahasa dan mampu melakukan posting ke jejaring sosial dan menjalankan aplikasi.

Pada iOS7, Siri juga bakal mendapat sejumlah fitur baru, termasuk dalam hal interface dan pilihan jenis suara personal assistant. Ada pula kemampuan untuk mencari informasi di Wikipedia dan menelusuri tweet.

Tapi Siri kini tak sendiri. Google telah pula meluncurkan layanan serupa bernama Google Voice Search, yang juga tersedia untuk perangkat-perangkat iOS.

Google Now tidak bisa menjalankan aplikasi seperti Siri, tapi sejauh ini lebih bisa diandalkan untuk mencari informasi dan berita.

Tak lama lagi, Microsoft juga akan meluncurkan teknologi personal assistant bernama Cortana untuk platform Windows Phone. Bisakah Siri bersaing dengan kawan-kawan barunya ini dalam memenuhi kebutuhan pengguna?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber LA Times
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.