Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook dan Twitter Sempat "Merdeka" di Iran

Kompas.com - 17/09/2013, 20:20 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Pengguna internet di Iran sempat terkejut ketika mereka dapat mengakses Facebook dan Twitter secara bebas, Senin (16/9/2013). Namun, kebebasan mengakses jejaring sosial internet itu tidak berlangsung lama, karena pemerintah kembali menutup akses tersebut.

Kantor berita Mehr melaporkan, telah terjadi kesalahan teknis yang menyebabkan sejumlah situs web internet dapat diakses secara bebas oleh warga Iran.

Abdolsamad Khoramabadi, salah seorang pejabat yang mengatur internet di Iran, mengatakan bahwa kesalahan itu berasal dari salah satu perusahaan penyedia jasa internet. "Kami sedang melakukan investigasi untuk melihat perusahaan mana yang melakukan ini," katanya.

Pada Selasa (17/9/2013), pemerintah kembali memblokir akses ke situs web terlarang di Iran, termasuk Facebook dan Twitter.

Iran mulai memblokir media sosial dan situs internet lain sejak 2009, setelah demonstrasi nasional memprotes terpilihnya kembali Mahmoud Ahmadinejad sebagai presiden. Sebelumnya, banyak juga warga yang memanfaatkan media sosial untuk mengkritisi kebijakan pemerintah.

Agar tetap bisa mengakses situs web, warga Iran memakai perangkat lunak virtual private network (VPN) untuk mengindari firewall pemerintah.

Sekarang, Iran dipimpin oleh Presiden Hassan Rouhani yang diangkat pada Agustus lalu. Ulama yang dikenal moderat ini pernah berkata, sensor internet merupakan hal yang "sia-sia." Ia sudah memperlihatkan beberapa pendekatan yang lebih liberal untuk mengatur internet di Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com