Kompas.com - 19/09/2013, 09:15 WIB
Ilustrasi sistem operasi iOS7 AppleIlustrasi sistem operasi iOS7
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple merilis sistem operasi mobile iOS 7 untuk pengguna gadget Apple pada Rabu (18/9/2013). Sistem operasi ini mengalami perubahan besar, baik dari sisi tampilan maupun fitur.

Setidaknya, iOS 7 dapat dipasang pada perangkat iPhone 4/4S/5, iPad 2/3/4, iPad Mini, dan iPod touch generasi kelima.

Sistem operasi ini dapat diunduh langsung dari perangkat mobile pengguna (over the air/OTA) ataupun dengan cara menghubungkan perangkat mobile ke komputer pribadi Mac atau Windows melalui perangkat lunak iTunes.

Dari pantauan KompasTekno, beberapa pengguna menemui masalah, tidak mendapat notifikasi perangkatnya bisa diperbarui ke iOS 7. Tingginya permintaan dari seluruh pengguna gadget Apple di seluruh dunia disinyalir penyebab masalah ini. Pengguna disarankan untuk mengulang proses "check update" sampai mendapatkan notifikasi iOS 7 telah tersedia.

Dari sisi tampilan, iOS 7 hadir dengan nuansa yang lebih berwarna. Sementara dari sisi fitur, pengguna akan menemukan Control Center dan Notification jika menyapu layar dari bawah ke atas.

Ini merupakan akses langsung ke fungsi-fungsi yang paling sering diatur, termasuk WiFi-, Bluetooth, dan Airplane Mode.

Ada pula fitur AirDrop yang merupakan layanan berbagi file secara peer-to-peer, yang menciptakan jaringan lokal di antara pengguna perangkat Apple yang saling berdekatan.

Tampilan pada aplikasi browser Safari dan kamera juga mengalami perubahan. Untuk mengetahui lebih detail mengenai fitur-fitur di iOS 7, Anda dapat membacanya di tautan ini.

Selain merilis iOS 7, Apple juga telah merombak tampilan situs iCloud.com dengan tampilan yang senada dengan antarmuka iOS 7.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.