Kompas.com - 19/09/2013, 12:04 WIB
Grand Theft Auto V Rockstar GamesGrand Theft Auto V
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Game interaktif "Grand Theft Auto V" (GTA V) saat ini menjadi game dengan penjualan tercepat dalam sejarah seri game GTA sebelumnya. Bahkan, GTA V berpotensi menjadi game dengan penjualan tercepat di dunia.

Penerbit game GTA V, Take-Two Interactive, Rabu (18/9/2013), mengumumkan bahwa total nilai transaksi GTA V telah mencapai 800 juta dollar AS atau sekitar Rp 9 triliun pada hari pertama penjualan di dunia.

Dengan prestasi ini, GTA V mendekati total nilai penjualan 1 miliar dollar AS. Jika GTA V berhasil melewati angka tersebut, maka game ini akan memecehkan rekor "Call of Duty: Black Ops 2" pada dua tahun lalu, yang nilai penjualannya mencapai 1 miliar dollar AS dalam waktu 15 hari.

Sekedar catatan, "Call of Duty: Black Ops 2" yang dibuat oleh Activision Blizzard, mencatat nilai transaksi 500 juta dollar AS pada hari pertama penjualan di dunia.

"Kami di Take-Two Interactive sangat gembira dengan respon awal terhadap GTA V. Sekali lagi, tim Rockstar Games telah bekerja sangat baik, menetapkan standar baru industri hiburan untuk kreativitas, inovasi, dan keunggulan," kata Strauss Zelnick, Chariman dan CEO Two-Take Interactive.

GTA V dikembangkan oleh perusahaan Rockstar Games. Pembuatan game GTA V memakan waktu 5 tahun, dengan ongkos produksi 265 juta dollar AS atau sekitar Rp 3 triliun. GTA V dinobatkan sebagai game dengan ongkos produksi termahal sepanjang sejarah.

Ongkos produksi GTA V ini, hanya kalah dari film "Pirates of the Caribbean: At World's End," yang memegang rekor film termahal dengan biaya 300 juta dollar AS.

Game ini menawarkan tiga tokoh protagonis. Rockstar Games dan Two-Take Interactive, bekerja keras menjadikannya sebagai game open-world terluas yang pernah ada. Saat ini, GTA V tersedia untuk konsol game Sony PlaStation 3 dan Microsoft Xbox 360.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.