Kompas.com - 19/09/2013, 13:35 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Setelah resmi diumumkan pagi ini, kemunculan aplikasi pesan instan populer BlackBerry Messenger (BBM) di Android dan iOS tinggal menunggu hitungan hari.

Mulai Sabtu 21 September (Google Play) dan Minggu 22 September (App Store) nanti, pengguna Android serta iPhone sudah bisa menikmati aplikasi BBM di perangkat masing-masing tanpa perlu membeli ponsel BlackBerry.

Update: Setelah tertunda satu bulan, BlackBerry akhirnya resmi meluncurkan kembali BBM untuk Android dan iPhone pada Senin (21/10/2013). (Baca: Resmi, BBM untuk Android dan iPhone Suda Bisa Diunduh). Aplikasi resmi BBM lintas platform dapat diunduh dari tautan ini untuk pengguna Android dan tautan ini untuk pengguna iPhone.

Kendati populer, BBM kini tak sendiri. Para penyedia layanan serupa, seperti WhatsApp, Line, WeChat, dan kawan-lawan telah turut meramaikan jagat aplikasi pesan instan.

Nah, apa saja fitur andalan yang ditawarkan BBM untuk menarik pengguna di tengah persaingan panas aplikasi-aplikasi chatting tersebut? Berikut ini daftarnya sebagaimana dikutip dari blog resmi BlackBerry.

1. "Chatting" ala BBM

Pengguna BlackBerry tentu akrab dengan huruf kecil "D" dan "R" di BBM yang menunjukkan status pesan apabila telah terkirim dan dibaca.

BBM juga menunjukkan apabila lawan bicara sedang mengetik pesan balasan. Fitur khas yang satu ini turut diboyong ke BBM di Android dan iOS.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Kemampuan berbagi foto dan "voice notes"

Kemampuan pengiriman lampiran file (attachment) berupa gambar atau file jenis lain adalah salah satu fitur wajib untuk aplikasi chatting masa kini. BBM pun tak alpa menyediakan fungsi tersebut.

3. BBM Group hingga 30 pengguna

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.