Rumor: BlackBerry Akan PHK 5.000 Karyawan

Kompas.com - 19/09/2013, 21:16 WIB
BlackBerry Aditya Panji/KompasTeknoBlackBerry
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - BlackBerry punya kabar menyeramkan bagi karyawan-karyawannya. Perusahaan asal Kanada tersebut dikabarkan akan melakukan PHK besar-besaran.

Wall Street Journal melansir, Jumat (20/9/2013), BlackBerry bisa saja melakukan pemberhentian tenaga kerja hingga 5.000 orang. Jumlah tersebut sangat besar, bahkan untuk ukuran perusahaan sebesar BlackBerry, karena setara dengan 40 persen karyawan yang dimilikinya saat ini.

Alasan di balik rencana tersebut adalah untuk mengurangi dan mengontrol beban biaya yang dianggap terlalu besar dalam beberapa waktu belakangan ini.

Pihak BlackBerry menolak berkomentar terkait berita rencana pemutusan tenaga kerja ini.

"Kami tidak akan berkomentar terhadap rumor dan spekulasi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kami sedang berada dalam fase kedua dari rencana transformasi kami. Pergerakan organisasional akan terus dilakukan untuk meyakinkan bahwa kami memiliki orang yang tepat di peran yang tepat untuk membawa kesempatan baru di dunia mobile computing," kata perwakilan tersebut.

BlackBerry memang sedang dalam masa sulit. Dalam setiap kuartalnya, BlackBerry terus mengalami kerugian dengan nominal yang cukup besar. Penyebabnya, salah satu divisi yang banyak menyumbang uang, divisi perangkat, terus mengalami penurunan popularitas.

Untuk menyikapi hal tersebut, BlackBerry secepat kilat membuat strategi perubahan dengan mengembangkan BlackBerry 10. Perusahaan asal Kanada ini berharap agar sistem operasi mobile ini dapat menyelamatkan mereka dari keterpurukan.

Sayangnya, sistem operasi tersebut kurang mendapat respon positif dari perusahaan. BlackBerry masih belum dapat keluar dari masa keterpurukan.

BlackBerry pun memiliki beberapa opsi rencana untuk keluar dari masa kelam ini. Beberapa di antaranya adalah menjalin kemitraan, membentuk perusahaan patungan, dan menjual perusahaan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X