Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad Dipakai Perang di Suriah

Kompas.com - 20/09/2013, 08:58 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Gerilyawan Suriah tertangap kamera memakai iPad untuk membidikkan mortir

KOMPAS.com — Di tengah perang saudara yang telah berkecamuk lebih dari dua setengah tahun, para gerilyawan Suriah tak ketinggalan memanfaatkan gadget mobile dalam pertempuran.

Hal tersebut ditunjukkan oleh sebingkai foto hasil tangkapan wartawan foto Reuters Mohamed Abdullah. Dalam foto, anggota brigade "Ansar Dimachk" di Damaskus tampak memandangi iPad yang diletakkan persis di samping sebuah pelontar mortir.

Sebagaimana dilansir oleh New York Post, para gerilyawan disinyalir memakai iPad tersebut untuk memandu pelontaran mortir ke posisi musuh dengan memanfaatkan fitur accelerometer perangkat tersebut.

"Mereka sudah mulai melakukan hal itu belakangan. Beberapa juga memakai smartphone, jadi sudah cukup umum," ujar analis senjata, Eliot Higgins, sebagaimana dikutip Huffington Post.

Meski mungkin terdengar mengejutkan bagi kebanyakan pengguna, Apple sebenarnya telah mengantisipasi kemungkinan gadget bikinannya dipakai berperang.

Dalam persyaratan lisensi iTunes, perusahaan tersebut menulis, "Anda setuju tidak akan memakai produk ini untuk kegiatan apa pun yang dilarang Pemerintah Amerika Serikat, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, pengembangan, rancangan, atau produksi senjata nuklir, rudal, atau senjata kimia dan biologis."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com