Kompas.com - 20/09/2013, 08:58 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Gerilyawan Suriah tertangap kamera memakai iPad untuk membidikkan mortir

KOMPAS.com — Di tengah perang saudara yang telah berkecamuk lebih dari dua setengah tahun, para gerilyawan Suriah tak ketinggalan memanfaatkan gadget mobile dalam pertempuran.

Hal tersebut ditunjukkan oleh sebingkai foto hasil tangkapan wartawan foto Reuters Mohamed Abdullah. Dalam foto, anggota brigade "Ansar Dimachk" di Damaskus tampak memandangi iPad yang diletakkan persis di samping sebuah pelontar mortir.

Sebagaimana dilansir oleh New York Post, para gerilyawan disinyalir memakai iPad tersebut untuk memandu pelontaran mortir ke posisi musuh dengan memanfaatkan fitur accelerometer perangkat tersebut.

"Mereka sudah mulai melakukan hal itu belakangan. Beberapa juga memakai smartphone, jadi sudah cukup umum," ujar analis senjata, Eliot Higgins, sebagaimana dikutip Huffington Post.

Meski mungkin terdengar mengejutkan bagi kebanyakan pengguna, Apple sebenarnya telah mengantisipasi kemungkinan gadget bikinannya dipakai berperang.

Dalam persyaratan lisensi iTunes, perusahaan tersebut menulis, "Anda setuju tidak akan memakai produk ini untuk kegiatan apa pun yang dilarang Pemerintah Amerika Serikat, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, pengembangan, rancangan, atau produksi senjata nuklir, rudal, atau senjata kimia dan biologis."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.