Oktober, Ubuntu Touch Bisa "Disuntik" ke Google Nexus

Kompas.com - 20/09/2013, 15:06 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh perusahaan Canonical dalam waktu dekat ini akan diluncurkan. Produk yang dinamakan Touch OS itu sudah bisa diunduh dan "disuntik" ke beberapa gadget Android, mulai 17 Oktober 2013 mendatang.

Dalam blog resminya, pihak Canonical memberikan daftar ponsel pintar dan produk tablet mana saja yang bisa dipersenjatai dengan sistem operasi baru ini.

Sementara ini, perangkat yang didukungnya masuk ke lini produk Google Nexus, yaitu ponsel Nexus 4, tablet Nexus 7, dan Nexus 10.

Sistem operasi ini juga bisa dijalankan di Samsung Galaxy Nexus. Sejatinya, semua perangkat tersebut didesain untuk menjalankan Android.

Untuk menjalankan sistem operasi ini di keempat perangkat tersebut, si pengguna harus menjalankan proses flash terlebih dahulu. Pengguna harus menghapus terlebih dahulu sistem operasi Android yang ada di perangkat untuk menggunakan Touch OS. Panduannya lengkap ada di tautan ini.

Meski pemilik semua perangkat yang sudah didukung diizinkan untuk mengunduh dan menggunakan Touch OS, karena proses instalasi yang cukup sulit untuk orang awam, tidak semua orang disarankan untuk menggunakannya.

Dikutip dari The Verge, Jumat (20/9/2013), saat ini pihak pengembang mengundang semua orang yang berminat untuk mencoba sistem operasi versi sebelum final dan melaporkan semua bug yang ditemukan, sebelum Ubuntu Touch dirilis pada Oktober mendatang.

Untuk ponsel resmi berbasis Ubuntu Touch sendiri, Canonical berjanji untuk merilisnya pada awal tahun 2014 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.