Kompas.com - 23/09/2013, 13:56 WIB
Prosesor Apple A7 pada iPhone 5S ChipworksProsesor Apple A7 pada iPhone 5S
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Prosesor Apple A7 pada iPhone 5S

KOMPAS.com — Apple masih membutuhkan Samsung, setidaknya untuk saat ini karena pabrikan asal Korea itulah yang memproduksi chip 64-bit "A7" pada iPhone 5S.

Hal tersebut diungkapkan oleh situs Chipworks yang Jumat (20/9/2013) lalu membongkar iPhone 5S dan menemukan bahwa "otak" ponsel pintar ini ternyata diproduksi oleh Samsung.

"Analisis awal kami mengonfirmasikan bahwa chip ini difabrikasi oleh Samsung. Kami akan menelaah lebih lanjut tentang proses produksinya," ujar seorang jurubicara Chipworks, sebagaimana dikutip oleh ZDNet.

Chipworks menduga Samsung memakai teknologi fabrikasi 28nm Hi-K metal gate untuk produksi A7. Proses ini juga dipakai untuk prosesor Exynos octa-core milik Galaxy S4.

Adapun chip motion co-processor M7 pada iPhone 5S dibikin oleh perusahaan lain, yaitu NXP. Kamera "iSight" di ponsel tersebut memakai sensor Exmor-RS buatan Sony.

Chipworks
Board utama pada iPhone 5S

Produsen gadget berlambang buah ini memang merancang sendiri prosesornya, lalu menyerahkan desain tersebut ke pabrik pihak ketiga untuk diproduksi, termasuk ke Samsung yang memiliki divisi semikonduktor yang berdiri terpisah dari divisi mobile.

Lantaran terlibat persaingan keras di pasaran dan sengketa paten di ruang pengadilan, Apple belakangan disebut berusaha mengalihkan produksi chip yang ditangani Samsung ke pihak lain, seperti Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Akan tetapi, kabar terakhir menyebutkan bahwa kerja sama Apple dengan TSMC baru bisa dimulai pada 2014. Perusahaan tersebut masih tergantung pada Samsung untuk sekarang.

Beberapa hari setelah kemunculan iPhone 5S, Samsung melalui Kepala Divisi Perangkat Bergerak JK Shin menyatakan bakal turut membuat perangkat mobile dengan prosesor 64-bit.

Baca juga:
- Daftar Harga iPhone 5S dan 5C
- Galeri Foto iPhone 5S dan 5C
- Ini Bedanya iPhone 5S dan 5C dengan iPhone Lama
- 4 Fitur Unggulan iPhone 5S

Baca berita-berita lain seputar topik ini di:
Peluncuran iPhone 5S dan 5C

Simak topik pilihan Tekno lainnya:
- BlackBerry Messenger di Android dan iPhone

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.