PlayStation 4 Ternyata Dijual Rugi

Kompas.com - 23/09/2013, 15:15 WIB
Playstation 4 dan keluarga gadget Sony lainnya SonyPlaystation 4 dan keluarga gadget Sony lainnya
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Playstation 4 dan keluarga gadget Sony lainnya
KOMPAS.com — Salah satu poin kelebihan Sony PlayStation 4 (PS4) dari rival beratnya, Microsoft Xbox One, adalah harga yang dipatok lebih rendah. Konsol game ini dihargai 399 dollar AS, dibanding Xbox one di angka 499 dollar AS.

Namun, harga tesebut ternyata tidak membuahkan keuntungan buat Sony. Bahkan, eksekutif Sony Jepang, Masayasu Ito, mengaku pihaknya merugi sekitar 60 dollar AS untuk setiap PS4 yang terjual.

Sony berencana menutupi kerugian tersebut dan memperoleh untung dari penjualan game dan perolehan biaya langganan PlayStation Plus.

Ito juga mengatakan bahwa hasil penjualan aksesori akan turut membantu "menyeimbangkan keadaan". "Soal besaran kontribusi (finansial) yang diberikan masing-masingnya, saya tidak bisa membeberkan secara mendetail," ujar Ito, sebagaimana dikutip oleh Polygon.

Meski dijual rugi, Sony yakin bahwa PS4 akan mendulang untung dengan lebih cepat dibandingkan pendahulunya, PS3.

Ini karena ongkos pembuatan game telah jauh menurun dibandingkan PS3, sementara harga jual tetap dipertahankan di kisaran 60 dollar AS. Artinya, tiap judul game bisa membuahkan margin yang lebih tinggi.

Hal tersebut, menurut Chief Financial Officer Sony Masaru Kato, dimungkinkan oleh arsitektur PS4 yang kini mirip dengan PC sehingga pengembangannya lebih mudah dan mampu menekan biaya produksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada pula mekanisme pembelian game dengan mengunduh langsung lewat konsol, sesuatu yang lebih menguntungkan buat Sony dibandingkan versi fisik (dengan cakram Blu-ray) berharga sama.

PS4 akan mulai memasuki pasaran pada 15 November mendatang. Konsol ini diprediksi bakal terjual 5 juta unit hingga akhir Maret 2014.



Sumber Polygon
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.