BBM di Android Molor, Google Mendadak "Rajin"

Kompas.com - 23/09/2013, 18:32 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android dipastikan ditunda, aplikasi-aplikasi BBM gadungan mendadak menghilang dari Google Play Store. Google tampaknya telah bertindak tegas menghapus aplikasi yang secara terang-terangan menyamar sebagai BBM ini.

Kemunculan BBM untuk Android yang molor dari jadwal yang diumumkan BlackBerry membuat banyak pengguna tak sabar dan justru mengunduh aplikasi BBM palsu. Pengguna yang tertipu pun bisa dibilang tak sedikit jumlahnya.

Mencegah "korban" lebih banyak, Google mendadak jadi "rajin". Sebelumnya, Google terkesan malas dengan membiarkan aplikasi BBM palsu berkeliaran di Play Store.

Menurut pengamatan KompasTekno, Senin (23/9/2013) siang, berbagai aplikasi BBM palsu yang sebelumnya banyak menghiasi Google Play Store, sudah tidak terlihat lagi.

Google Play Store
Aplikasi BBM palsu tak terlihat lagi
Saat mengetikkan kata kunci "BBM" atau "BBM for Android", hasil pencariannya kebanyakan memperlihatkan aplikasi pengiriman pesan teks merek lain, seperti WhatsApp, Line, dan ChatOn. Ada juga aplikasi buku panduan untuk BBM, aplikasi desain, dan game.

Memang ada tiga aplikasi yang benar-benar buatan BlackBerry di halaman tersebut, yaitu BES10 Client, Work Space Manager, dan Secure Work Space. Namun, ini bukan aplikasi resmi BBM untuk Android. Ketiganya merupakan aplikasi BBM untuk kalangan korporat, tidak bisa digunakan pengguna biasa.

Sebelumnya, beredar berbagai aplikasi yang menggunakan embel-embel nama "BBM untuk Android" atau "BBM" di Google Play Store. Untuk lebih meyakinkan para pengguna, pihak pengembang aplikasi memasang logo BBM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Google
Aplikasi BBM gadungan.
Tentunya, aplikasi-aplikasi tersebut bukan yang asli. Aplikasi BBM untuk Android yang sebenarnya dikembangkan langsung oleh BlackBerry Limited.

Aplikasi-aplikasi palsu tersebut kebanyakan bisa di-install tapi tak dapat digunakan sama sekali. Ada juga aplikasi yang ternyata hanya berfungsi untuk melakukan registrasi untuk notifikasi peluncuran BBM.

Meski begitu, tetap saja ada pengguna yang tertipu aplikasi-aplikasi semacam ini. Beberapa mengklaim angka unduhan mencapai ratusan ribu, entah memang sungguhan atau hasil rekaan.

Aplikasi BBM untuk Android sendiri hingga saat ini masih belum dirilis. Bahkan, BBM untuk iPhone sudah ditarik oleh BlackBerry dari Apple App Store.

BlackBerry sudah angkat bicara terkait pengunduran waktu rilis dan penarikan BBM dari Android dan iPhone. Menurut BlackBerry, akar permasalahannya berasal dari banyaknya penggunaan file instalasi (APK) BBM tak resmi yang akhirnya menimbulkan gangguan teknis di sistem BlackBerry.

Baca juga:
BBM di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry? 
BlackBerry ibarat Negara Gagal
5 Biang Keladi Keterpurukan BlackBerry

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iPhone
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.