Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Kecepatan 4G LTE di Jakarta

Kompas.com - 23/09/2013, 20:00 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Telkomsel melakukan uji coba jaringan nirkabel 4G Long Term Evolution (LTE), di dalam ruangan yang berlokasi di kantor pusatnya, Gedung Wisma Mulia, Jakarta, Senin (23/9/2013). Anak perusahaan Telkom ini menggunakan pita frekuensi 1.800MHz dengan alokasi 5MHz.

Menurut General Manager Technology Roadmap and Acquisition, Edyson B. Tamba, uji coba ini menandakan perusahaan siap mengadopsi teknologi terbaru, karena sebagian besar BTS yang dimiliki Telkomsel siap 4G LTE. Selain Jakarta, Telkomsel juga menguji 4G LTE di Bali.

"Indonesia terbilang terlambat mengadopsi LTE, karena negara tetangga seperti Filipina sudah gelar LTE," katanya. Jika nanti Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah membuat regulasi tentang penyelenggaraan 4G LTE, Telkomsel menyatakan siap memberi layanan komersial.

Pada kesempatan uji coba ini, KompasTekno menggunakan ponsel pintar Samsung Galaxy S4 (warna putih) dan Sony Xperia Z (warna hitam), yang keduanya memakai sistem operasi Android. Untuk mengukur kecepatan internet, perangkat lunak yang digunakan adalah SpeedTest.net.

Bukan hanya dua ponsel di atas saja (Galaxy S4 dan Xperia Z) yang terkoneksi dengan jaringan 4G LTE. Beberapa karyawan Telkomsel yang berada di ruangan tempat uji coba juga terkoneksi dengan jaringan nirkabel generasi keempat tersebut.

Saat mulai menguji kecepatan internet, KompasTekno menempatkan kedua ponsel secara berdampingan lalu menekan tombol "Begin Test" pada aplikasi SpeedTest.net secara bersamaan. Berikut hasil uji coba 4G LTE yang dilakukan KompasTekno di kantor pusat Telkomsel:

Tes pertama

Aditya Panji/KompasTekno
Uji coba pertama kecepatan 4G LTE Telkomsel dengan ponsel Sony Xperia Z (kiri) dan Samsung Galaxy S4 (kanan)

Samsung Galaxy S4
Ping: 22ms
Download: 17,12Mbps
Upload: 19,68Mbps

Sony Xperia Z
Ping: 22ms
Download: 14,28Mbps
Upload: 10,23Mbps

Tes kedua

Aditya Panji/KompasTekno
Uji coba kedua kecepatan 4G LTE Telkomsel dengan ponsel Samsung Galaxy S4 (kiri) dan Sony Xperia Z (kanan)

Samsung Galaxy S4
Ping: 20ms
Download: 22,36Mbps
Upload: 20,57Mbps

Sony Xperia Z
Ping: 21ms
Download: 16,79Mbps
Upload: 15,75Mbps

KompasTekno juga menjajal kedua ponsel untuk sekedar berselancar internet sampai memutar video beresolusi tinggi. Kedua perangkat dapat memutar video di YouTube dengan lancar, tanpa putus.

Jika Telkomsel resmi menggelar 4G LTE, bisa jadi kecepatannya tidak sesuai dengan hasil uji di atas karena jaringan tersebut akan digunakan secara massal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com