Menjajal Kecepatan 4G LTE di Jakarta

Kompas.com - 23/09/2013, 20:00 WIB
General Manager Technology Roadmap and Acquisition, Edyson B. Tamba (kanan), sedang menguji kecepatan jaringan 4G LTE di kantor pusat Telkomsel, Wisma Mulia, Jakarta, Senin (23/9/2013). Aditya Panji/KompasTeknoGeneral Manager Technology Roadmap and Acquisition, Edyson B. Tamba (kanan), sedang menguji kecepatan jaringan 4G LTE di kantor pusat Telkomsel, Wisma Mulia, Jakarta, Senin (23/9/2013).
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Telkomsel melakukan uji coba jaringan nirkabel 4G Long Term Evolution (LTE), di dalam ruangan yang berlokasi di kantor pusatnya, Gedung Wisma Mulia, Jakarta, Senin (23/9/2013). Anak perusahaan Telkom ini menggunakan pita frekuensi 1.800MHz dengan alokasi 5MHz.

Menurut General Manager Technology Roadmap and Acquisition, Edyson B. Tamba, uji coba ini menandakan perusahaan siap mengadopsi teknologi terbaru, karena sebagian besar BTS yang dimiliki Telkomsel siap 4G LTE. Selain Jakarta, Telkomsel juga menguji 4G LTE di Bali.

"Indonesia terbilang terlambat mengadopsi LTE, karena negara tetangga seperti Filipina sudah gelar LTE," katanya. Jika nanti Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah membuat regulasi tentang penyelenggaraan 4G LTE, Telkomsel menyatakan siap memberi layanan komersial.

Pada kesempatan uji coba ini, KompasTekno menggunakan ponsel pintar Samsung Galaxy S4 (warna putih) dan Sony Xperia Z (warna hitam), yang keduanya memakai sistem operasi Android. Untuk mengukur kecepatan internet, perangkat lunak yang digunakan adalah SpeedTest.net.

Bukan hanya dua ponsel di atas saja (Galaxy S4 dan Xperia Z) yang terkoneksi dengan jaringan 4G LTE. Beberapa karyawan Telkomsel yang berada di ruangan tempat uji coba juga terkoneksi dengan jaringan nirkabel generasi keempat tersebut.

Saat mulai menguji kecepatan internet, KompasTekno menempatkan kedua ponsel secara berdampingan lalu menekan tombol "Begin Test" pada aplikasi SpeedTest.net secara bersamaan. Berikut hasil uji coba 4G LTE yang dilakukan KompasTekno di kantor pusat Telkomsel:

Tes pertama

Aditya Panji/KompasTekno
Uji coba pertama kecepatan 4G LTE Telkomsel dengan ponsel Sony Xperia Z (kiri) dan Samsung Galaxy S4 (kanan)

Samsung Galaxy S4
Ping: 22ms
Download: 17,12Mbps
Upload: 19,68Mbps

Sony Xperia Z
Ping: 22ms
Download: 14,28Mbps
Upload: 10,23Mbps

Tes kedua

Aditya Panji/KompasTekno
Uji coba kedua kecepatan 4G LTE Telkomsel dengan ponsel Samsung Galaxy S4 (kiri) dan Sony Xperia Z (kanan)

Samsung Galaxy S4
Ping: 20ms
Download: 22,36Mbps
Upload: 20,57Mbps

Sony Xperia Z
Ping: 21ms
Download: 16,79Mbps
Upload: 15,75Mbps

KompasTekno juga menjajal kedua ponsel untuk sekedar berselancar internet sampai memutar video beresolusi tinggi. Kedua perangkat dapat memutar video di YouTube dengan lancar, tanpa putus.

Jika Telkomsel resmi menggelar 4G LTE, bisa jadi kecepatannya tidak sesuai dengan hasil uji di atas karena jaringan tersebut akan digunakan secara massal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X