Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Jatuh iPhone Baru, 5S Selamat 5C Pecah

Kompas.com - 24/09/2013, 09:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Salah satu perbedaan paling mencolok antara iPhone 5S dan iPhone 5C adalah jenis material yang digunakan Apple untuk cangkang kedua smartphone barunya tersebut.

iPhone 5S dibalut cangkang logam aluminium seperti para pendahulunya, sementara iPhone 5C menggunakan bahan plastik polikarbonat. Mana yang lebih tangguh di antara mereka?

Situs Android Authority mencoba menemukan jawabannya dengan menjatuhkan iPhone 5S dan iPhone 5C ke atas lantai berlapis ubin keras. Ketinggian diatur sebatas dada pria dewasa agar mirip dengan kejadian sebenarnya di dunia nyata.

Hasilnya? Cangkang logam iPhone 5S terlihat lebih mudah penyok ketika membentur benda keras, sementara layarnya tetap utuh ketika dijatuhkan tepat di bagian tersebut.

Cangkang plastik iPhone 5C pun mengalami baret di titik yang mengalami benturan. Namun, sisi layar perangkat ini ternyata retak ketika ponsel mendarat di muka.

Apakah ini berarti iPhone 5S lebih "kuat" dibandingkan iPhone 5C? Bisa jadi. Tapi ada pula kemungkinan bahwa pecahnya layar iPhone 5C dalam video tersebut diakibatkan oleh sudut benturan yang sedikit berbeda sehingga memaksimalkan energi tumbukan ke panel layar.

Yang jelas, kedua iPhone disebutkan masih berfungsi normal setelah jatuh beberapa kali, termasuk fungsi touchscreen pada iPhone 5C dengan layarnya yang retak. Penasaran? Simak video lengkapnya di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com