BlackBerry Gunakan Bahasa Indonesia sebagai Kode

Kompas.com - 24/09/2013, 13:05 WIB
BlackBerry Aditya Panji/KompasTeknoBlackBerry
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Informasi terkait perangkat berbasis BlackBerry 10 Cafe Series atau C-Series terus beredar di dunia maya. Setelah informasi terkait perangkat dengan nama kode "Americano" mencuat, kini giliran "Kopi" yang menampakkan diri.

Ya, kali ini BlackBerry tampaknya mengambil nama kode langsung dari bahasa Indonesia. BlackBerry tidak menuliskan nama kode dari perangkat dalam bahasa Inggris, yaitu "Coffee", melainkan dalam bahasa Indonesia.

Situs teknologi Ubergizmo, Selasa (24/9/2013), menduga penamaan tersebut terkait dengan area beredarnya perangkat ini, yaitu hanya di pasaran negara berkembang saja.

Foto penampakkan dari perangkat ini pun sebenarnya sudah beredar di dunia maya. Gambar tersebut dapat dilihat di bawah ini.

BGR
BlackBerry Kopi
Dari gambar terlihat bahwa Kopi akan menggunakan keypad fisik dengan desain mirip BlackBerry Curve "Gemini". Terdapat baterai di sebelah perangkat, mengindikasikan bahwa pengguna dapat mencopot baterainya.

Belum diketahui spesifikasi hardware yang akan diusung oleh perangkat ini. Meskipun begitu, Ubergizmo menduga bahwa BlackBerry Kopi tidak akan memiliki spesifikasi sekuat BlackBerry Q5, dan memiliki harga lebih murah dari BlackBerry Q5. Ia juga tidak akan dilengkapi dengan dukungan terhadap jaringan LTE.

Saat ini, BlackBerry sudah memiliki dua buah perangkat BlackBerry 10 dengan keypad QWERTY fisik, yaitu BlackBerry Q10 dan BlackBerry Q5. Keduanya hadir dengan harga yang cukup tinggi. Kemungkinan, BlackBerry Kopi akan menjadi jawaban bagi konsumen yang menginginkan perangkat BlackBerry 10 dengan harga lebih murah.

Sebagai perbandingan, BlackBerry Q10 dijual di level harga Rp 7,5 juta. Sementara, BlackBerry Q5 memiliki label harga Rp 4,4 juta.

Sebelumnya, beredar kabar yang menyatakan bahwa BlackBerry sedang mengembangkan perangkat BlackBerry 10 dengan harga terjangkau. Perangkat tersebut akan masuk ke kelas Cafe Series atau C-Series.

BlackBerry akan merilis dua perangkat untuk C-Series ini. Perangkat pertama memiliki layar sentuh penuh dan memiliki nama kode "Americano". Sementara, perangkat kedua memiliki keypad fisik dan memiliki nama kode "Kopi".

Belum diketahui kapan BlackBerry akan merilis Americano dan Kopi ke pasaran.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR,Ubergizmo

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.