Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Rilis Tablet Baru, Diklaim Lebih Cepat

Kompas.com - 24/09/2013, 15:17 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Meski kurang mendapat respons yang positif, Microsoft tetap optimistis bertarung di pasar tablet. Hal tersebut ditunjukkan dengan hadirnya versi terbaru tablet buatan mereka, Surface Pro 2 dan Surface 2.

Pembeda dari kedua tablet ini adalah prosesor dan platform Windows yang didukungnya. Surface Pro 2 hadir dengan prosesor x86, membuatnya mendukung Windows versi biasa sedangkan Surface 2 menggunakan prosesor ARM, membuatnya bisa menjalankan Windows RT.

Surface Pro 2

Secara garis besar, dibandingkan Surface Pro sebelumnya, Surface Pro 2 tidak mengalami perubahan yang terlalu berarti dari segi tampilan. Perangkat ini memiliki ukuran, bobot, dan penggunaan warna hitam yang sama dengan Surface generasi sebelumnya.

Microsoft tampak lebih ingin menekankan perubahan dari segi performa, dibandingkan dari segi "kosmetik" di Surface Pro 2.

Microsoft mengklaim, tablet ini lebih kencang dibandingkan 95 persen laptop yang ada saat ini. Microsoft juga meningkatkan kemampuan grafis dari produk tersebut hingga 50 persen dari generasi sebelumnya. Daya tahan baterai dari perangkat ini dikatakan meningkat hingga 60 persen, berkat penggunaan prosesor terbaru Intel, Core i5 Haswell.

"Kami meningkatkan performa dari produk ini hingga 20 persen. Jika Anda berpikir bahwa perangkat sebelumnya sudah cepat, saat ini Surface Pro 2 jauh lebih cepat lagi," kata Panos Panay, Vice President Surface Microsoft, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (24/9/2013).

Masih sama dengan Surface Pro generasi pertama, Microsoft mempersenjatai tablet ini dengan kickstand alias penyangga yang tersedia langsung di tubuh gadget. Microsoft pun memperbaiki kemampuan kickstand ini, dari yang hanya mampu diatur dengan sudut hingga 22 derajat, kini tablet ini bisa berdiri lebih tegak hingga 55 derajat.

Dari segi spesifikasi hardware, Surface 2 Pro akan memiliki beberapa pilihan konfigurasi. Perangkat ini hanya dilengkapi satu pilihan prosesor, yaitu Core i5 Haswell dengan kecepatan 1,6 GHz. Konfigurasi lainnya, RAM 4 GB dengan media penyimpanan berkapasitas 64 atau 128 GB dan 8 GB dengan media penyimpanan 256 atau 512 GB.

Layarnya memiliki bentang 10.6 inci yang mendukung resolusi 1080p. Layar yang digunakan berjenis ClearType, diklaim memiliki akurasi warna 46 persen lebih baik dari sebelumnya.

Surface Pro 2 akan berjalan menggunakan sistem operasi Windows 8.1. Perangkat ini akan dirilis pada 22 Oktober 2013 dengan harga mulai dari 900 dollar AS hingga 1.800 dollar AS.

Surface 2

The Verge Surface 2
Sama seperti Surface Pro 2, Microsoft lebih mengedepankan peningkatan kecepatan performa pada Surface 2.

Menurut pihak Microsoft, Surface 2 lebih kencang tiga hingga empat kali dibandingkan pendahulunya. Baterainya pun lebih kuat, kemampuannya 25 persen lebih baik dibandingkan Surface generasi pertama.

Tablet yang satu ini memiliki bentang dan jenis layar yang sama dengan Surface Pro 2, yaitu 10,6 inci dan ClearType. Ia mendukung resolusi yang sama, yaitu 1080p.

Pembedanya terletak di segi prosesor. Surface 2 hadir dengan Tegra 4 buatan Nvidia.

Kickstand baru yang diperkenalkan di Surface Pro 2 nantinya juga akan melengkapi Surface 2.

Akan ada dua versi yang dijual oleh Microsoft, yaitu versi 32 GB dan 64 GB. Ia akan dijual dengan harga mulai dari 450 dollar AS dan akan beredar mulai 22 Oktober 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com