Kompas.com - 24/09/2013, 16:06 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji
Ilustrasi

KOMPAS.com — Tak lama setelah kemunculan iPhone 5S, Samsung mengumumkan bakal turut merilis gadget dengan prosesor 64-bit untuk menyaingi produk kompetitor terbesarnya itu.

Kini, perusahaan asal Korea tersebut dikabarkan telah memasuki tahap akhir pengerjaan prosesor 64-bit buatannya.

Berdasarkan laporan Tom's Hardware, prosesor ini bakal mengusung delapan core atau inti seperti pada Exynos 5 Octa yang digunakan ponsel pintar Android Galaxy S4.

Bedanya, prosesor masa depan tersebut memiliki empat inti Cortex-A57 yang berkinerja tinggi dan empat inti Cortex-A53 yang efisien dalam hal daya.

Kedelapan "otak" ini disebut bisa berjalan secara bersamaan atau bergantian dalam 2 kluster pada tiap-tiap 4 core seperti dalam konsep big.LITTLE.

Cortex-A57 dan Cortex-A53 berbasis arsitektur 64-bit ARMv8 yang juga digunakan pada prosesor Apple A7 yang digunakan iPhone 5S.

Bagaimana dengan dukungan software 64-bit? Laporan terbaru menunjukkan bahwa Android versi 4.4 atau "Kitkat" yang dirilis dalam waktu dekat ini akan menyertakan kapabilitas 64-bit.  

Phone Arena
Prosesor 64-bit Samsung menggunakan core ARM Cortex-A50 Series
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.