Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bikin Prosesor "Octa-Core" 64-Bit

Kompas.com - 24/09/2013, 16:06 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi

KOMPAS.com — Tak lama setelah kemunculan iPhone 5S, Samsung mengumumkan bakal turut merilis gadget dengan prosesor 64-bit untuk menyaingi produk kompetitor terbesarnya itu.

Kini, perusahaan asal Korea tersebut dikabarkan telah memasuki tahap akhir pengerjaan prosesor 64-bit buatannya.

Berdasarkan laporan Tom's Hardware, prosesor ini bakal mengusung delapan core atau inti seperti pada Exynos 5 Octa yang digunakan ponsel pintar Android Galaxy S4.

Bedanya, prosesor masa depan tersebut memiliki empat inti Cortex-A57 yang berkinerja tinggi dan empat inti Cortex-A53 yang efisien dalam hal daya.

Kedelapan "otak" ini disebut bisa berjalan secara bersamaan atau bergantian dalam 2 kluster pada tiap-tiap 4 core seperti dalam konsep big.LITTLE.

Cortex-A57 dan Cortex-A53 berbasis arsitektur 64-bit ARMv8 yang juga digunakan pada prosesor Apple A7 yang digunakan iPhone 5S.

Bagaimana dengan dukungan software 64-bit? Laporan terbaru menunjukkan bahwa Android versi 4.4 atau "Kitkat" yang dirilis dalam waktu dekat ini akan menyertakan kapabilitas 64-bit.  

Phone Arena
Prosesor 64-bit Samsung menggunakan core ARM Cortex-A50 Series
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com