iPhone Lebih Responsif dari Android Kelas Atas

Kompas.com - 25/09/2013, 09:39 WIB
Apple iPhone 5 AppleApple iPhone 5
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Meski posisinya telah digantikan oleh iPhone 5S dan 5C, jagoan terdahulu Apple, iPhone 5, ternyata masih memiliki keunggulan dibanding para pesaing yang sekelas, yaitu dalam hal kecepatan respons layar.

Inilah yang diungkapkan oleh hasil uji perusahaan game dan streaming konten Agawi, sebagaimana dikutip oleh Mashable.

Kecepatan respons terhadap input pengguna adalah salah satu aspek penting dalam penggunaan gadget mobile yang mengandalkan layar sentuh sebagai medium interaksi utama dengan pemakainya. Respons yang gesit akan mendukung kesan kinerja tinggi, demikian pula sebaliknya.

Dalam mengukur kecepatan respons layar terhadap sentuhan, Agawi menggunakan kamera yang mampu merekam video 240 frame per detik dan hardware khusus bernama "Touchscope" yang dirancang untuk mengukur kecepatan respons aplikasi.

Perangkat lain yang dibandingkan dengan iPhone 5 termasuk smartphone Android kelas atas semacam Samsung Galaxy S4 dan HTC One. Ada pula Motorola Moto X, dan Nokia Lumia 928. iPhone 4 pun tak ketinggalan.

Semua perangkat melalui proses pengujian sebanyak paling tidak 50 kali. Dari situ, diketahui bahwa Galaxy S4 adalah perangkat Android paling responsif dalam hasil uji dengan kecepatan respon 114 milidetik, sementara Moto X  menduduki posisi juru kunci.

appglimpse.com
Hasil pengujian waktu respon layar dari Agawi

Akan tetapi, iPhone 5 berada jauh di depan dengan jeda respons hanya 55 milidetik. iPhone 4 menyusul dengan catatan waktu 85 milidetik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengapa waktu respons iPhone bisa lebih cepat dibandingkan ponsel Android? Agawi mengaku belum menemukan jawaban pastinya dan hanya mengatakan bahwa teknologi toouchscreen Apple mungkin lebih optimal dan dikalibrasi dengan tingkat sensitivitas lebih tinggi untuk mendeteksi dan memproses sentuhan jari pengguna.

Yang jelas, hasil pengetesan Agawi menunjukkan bahwa iPhone 4 sekalipun masih lebih cepat merespon input dibandingkan sejumlah perangkat Android kelas atas yang beredar saat ini. Perlu dicatat bahwa Google Nexus 4 tidak disertakan dalam pengujian.

Bagaimana dengan iPhone 5S dan iPhone 5C, akankah memiliki catatan waktu respons yang lebih baik lagi? Agawi berjanji akan mencari jawabannya di masa yang akan datang.



Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.