Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Lebih Responsif dari Android Kelas Atas

Kompas.com - 25/09/2013, 09:39 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Meski posisinya telah digantikan oleh iPhone 5S dan 5C, jagoan terdahulu Apple, iPhone 5, ternyata masih memiliki keunggulan dibanding para pesaing yang sekelas, yaitu dalam hal kecepatan respons layar.

Inilah yang diungkapkan oleh hasil uji perusahaan game dan streaming konten Agawi, sebagaimana dikutip oleh Mashable.

Kecepatan respons terhadap input pengguna adalah salah satu aspek penting dalam penggunaan gadget mobile yang mengandalkan layar sentuh sebagai medium interaksi utama dengan pemakainya. Respons yang gesit akan mendukung kesan kinerja tinggi, demikian pula sebaliknya.

Dalam mengukur kecepatan respons layar terhadap sentuhan, Agawi menggunakan kamera yang mampu merekam video 240 frame per detik dan hardware khusus bernama "Touchscope" yang dirancang untuk mengukur kecepatan respons aplikasi.

Perangkat lain yang dibandingkan dengan iPhone 5 termasuk smartphone Android kelas atas semacam Samsung Galaxy S4 dan HTC One. Ada pula Motorola Moto X, dan Nokia Lumia 928. iPhone 4 pun tak ketinggalan.

Semua perangkat melalui proses pengujian sebanyak paling tidak 50 kali. Dari situ, diketahui bahwa Galaxy S4 adalah perangkat Android paling responsif dalam hasil uji dengan kecepatan respon 114 milidetik, sementara Moto X  menduduki posisi juru kunci.

appglimpse.com
Hasil pengujian waktu respon layar dari Agawi

Akan tetapi, iPhone 5 berada jauh di depan dengan jeda respons hanya 55 milidetik. iPhone 4 menyusul dengan catatan waktu 85 milidetik.

Mengapa waktu respons iPhone bisa lebih cepat dibandingkan ponsel Android? Agawi mengaku belum menemukan jawaban pastinya dan hanya mengatakan bahwa teknologi toouchscreen Apple mungkin lebih optimal dan dikalibrasi dengan tingkat sensitivitas lebih tinggi untuk mendeteksi dan memproses sentuhan jari pengguna.

Yang jelas, hasil pengetesan Agawi menunjukkan bahwa iPhone 4 sekalipun masih lebih cepat merespon input dibandingkan sejumlah perangkat Android kelas atas yang beredar saat ini. Perlu dicatat bahwa Google Nexus 4 tidak disertakan dalam pengujian.

Bagaimana dengan iPhone 5S dan iPhone 5C, akankah memiliki catatan waktu respons yang lebih baik lagi? Agawi berjanji akan mencari jawabannya di masa yang akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com