Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Pembuatan iPhone 5S dan 5C?

Kompas.com - 25/09/2013, 11:08 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber AllThingsD
Komponen internal iPhone 5S yang dianalisa oleh IHS

KOMPAS.com — Prosesor 64-bit, pemindai sidik jari, cangkang aluminium dan plastik warna-warni, serta masih banyak lagi. Itulah yang diusung dua ponsel andalan baru Apple iPhone 5S dan 5C.

Sejumlah komponen baru dan canggih itu menimbulkan rasa penasaran. Kira-kira berapa biaya produksi yang diperlukan untuk membuat sebuah iPhone 5S dan 5C? Apakah lebih mahal dibanding generasi sebelumnya atau malah lebih murah?

Nah, seperti biasa, untuk menemukan jawaban dari pertanyaan itu, firma riset IHS kembali membongkar iPhone baru dari Apple. Tahun ini lebih menarik karena produk yang dipreteli ada dua buah.

Meski dari luar tampak berbeda, di dalamnya, iPhone 5S dan 5C ternyata mirip-mirip satu sama lain. "Saya pikir dua ponsel ini hampir bisa dibilang kembaran. Kecuali sensor sidik jari, prosesor A7, dan chip memori jenis baru yang lebih hemat daya, mereka pada dasarnya sama," ujar analis IHS Andrew Rassweiler, sebagaimana dikutip oleh AllthingsD.

Setelah menelaah "isi perut" iPhone 5S, IHS memperkirakan bahwa versi 16GB dari perangkat tersebut menelan biaya (harga komponen) 191 dollar AS atau sekitar Rp 2,2 juta. Ongkos produksi versi 64GB lebih mahal, yaitu 210 dollar AS atau sekitar Rp 2,5 juta. Tambahan sebesar 8 dollar AS diperlukan untuk merakit setiap iPhone.

IHS
Komponen internal iPhone 5C yang dianalisa IHS


Perkiraan biaya produksi yang dipatok IHS untuk iPhone 5S itu tak jauh berbeda dibandingkan iPhone 5 sebelumnya yang bisa mencapai 205 dollar AS.

Sensor sidik jari iPhone dibuat oleh Authentec, perusahaan teknologi fingerprint yang tahun lalu diakuisisi Apple sebesar 356 juta dollar AS. Harga sensor ini diperkirakan sebesar 7 dollar AS, sementara prosesor A7 hasil pabrikan Samsung berkisar di angka 19 dollar AS.

Apple mengecer iPhone 5S seharga 649-849 dollar AS tanpa kontrak. Tentu, selain menghasilkan margin bersih, selisih angka tersebut dengan ongkos produksi diperlukan untuk menutup biaya lain-lain seperti distribusi, pemasaran, serta riset, dan pengembangan.

Akan halnya iPhone 5C, IHS memperkirakan perangkat itu menelan biaya komponen antara 173-183 dollar AS, termasuk ongkos perakitan sebesar 7 dollar AS untuk setiap smartphone. Ponsel pintar yang satu ini dijual Apple seharga 549-649 dollar AS tanpa kontrak.

Produsen komponen yang dipakai di iPhone 5S dan 5C mencakup Qualcomm, Skyworks, Avago, RF Micro Devices, dan TriQuint Semiconductor. Nama-nama ini bertanggung jawab membikin sejumlah chip yang menangani koneksi jaringan di kedua perangkat.

Jenis dan kombinasi chip jaringan yang digunakan sama antara iPhone 5S dan 5C. Alhasil, duet iPhone baru tersebut mampu mendukung jumlah band LTE mencapai 13 buah di seluruh dunia. Dukungan tersebut belum dimiliki oleh para kompetitornya sejauh ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AllThingsD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com