Kompas.com - 25/09/2013, 13:14 WIB
Apple iPhone 5S dan iPhone 5C AppleApple iPhone 5S dan iPhone 5C
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Analis terkenal asal Piper Jaffray, Gene Munster, mempertanyakan berita terkait rekor penjualan ponsel Apple terbaru, iPhone 5S dan iPhone 5C.

Menurut Munster, seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (25/9/2013), penjualan kedua ponsel itu seharusnya belum mencapai 9 juta unit, seperti apa yang diklaim oleh pihak Apple.

Hasil dari perhitungan yang dilakukan oleh Munster memperlihatkan hasil yang berbeda. Menurutnya, jumlah iPhone 5S dan iPhone 5C yang terjual ke pihak konsumen seharusnya baru menyentuh angka 5,5 juta unit.

Sementara, 3,5 juta unit sisa yang diklaim oleh Apple adalah iPhone 5C yang sebenarnya baru terjual secara "channel fill".

Maksud dari "channel fill" ini adalah perangkat iPhone 5C tersebut baru terjual ke pihak operator, retailer, dan toko, belum sampai ke pihak konsumen.

Sebagai contoh, sebuah toko membeli 10 perangkat iPhone 5C. Pihak toko tersebut telah berhasil menjual 5 unit perangkat tersebut. Untuk kasus ini, Apple tidak akan mencatat angka penjualan sebanyak 5 unit, melainkan 10 unit perangkat yang telah mereka jual secara "channel fill" kepada pihak toko.

Sayangnya, keakuratan dari informasi yang diberikan oleh Munster masih belum bisa dibuktikan. Ia mengungkapkan, mendapatkan data terkait 3,5 juta iPhone 5C dari sebuah sumber. Tidak disebutkan siapa sumber tersebut.

Apple sendiri pun belum memberikan komentarnya terkait hasil hitung-hitungan dari Munster ini.

iPhone 5S terjual habis, iPhone 5C kurang mendapat respon

Dalam tahun-tahun sebelumnya, Apple dan pihak operator selalu berhasil menjual habis semua stok iPhone di penjualan perdananya. Namun, prestasi tersebut tidak berhasil mereka ulang tahun ini.

Menurut Munster, Apple memang telah berhasil menjual habis iPhone 5S, tetapi mereka tidak bisa mendapatkan hasil yang sama dari iPhone 5C.

Tahun ini, Apple merilis dua seri iPhone baru, yaitu iPhone 5S dan iPhone 5C. iPhone 5S merupakan seri penerus dari iPhone 5. Sementara, iPhone 5C adalah seri yang menggantikan iPhone 5. iPhone 5C sejatinya adalah model tahun lalu yang hadir dengan "kulit" dan nama baru. Oleh karena itulah, para konsumen lebih memilih untuk tidak terlalu berburu iPhone 5C, melainkan iPhone 5S yang memiliki teknologi lebih baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.