Kronologi Tarik-Ulur BBM di Android dan iOS

Kompas.com - 26/09/2013, 08:28 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com — Pengumuman resmi BlackBerry mengenai tanggal ketersediaan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) lintas platform pada Rabu (18/9/2013) lalu disambut antusiasme yang besar oleh pengguna perangkat Android dan iPhone.

Sayangnya, di luar masalah teknis yang terjadi, BlackBerry seperti ingkar janji, karena tidak berhasil menghadirkan aplikasi tersebut secara tepat waktu di Google Play Store.

BlackBerry sudah memberikan penjelasannya terkait kemunduran rilis ini. BlackBerry pun berjanji untuk segera menyelesaikan masalah yang ada. Namun, aplikasi tersebut tampaknya tidak akan muncul di minggu ini.

Nah, sambil menunggu penyelesaian masalah tersebut, mari melihat ke belakang dan mengingat kembali kronologi gagalnya BBM lintas platform ini hadir tepat waktu.

1. Pengumuman pertama, BlackBerry Live

BlackBerry memberikan sebuah kejutan manis pada ajang BlackBerry Live 2013 di Orlando, AS, pada pertengahan Mei lalu. Layanan "jagoan" mereka, BBM, akan tersedia untuk Android dan iOS.

Pengguna kedua perangkat ini pun tampak sangat antusias menunggu aplikasi tersebut. Hal tersebut terlihat dari begitu banyaknya bocoran, baik itu informasi maupun gambar penampakan, terkait aplikasi BBM lintas platform ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dunia jejaring sosial juga ramai membicarakan aplikasi ini.

(Baca: BlackBerry "Lepas" BBM ke Android dan iPhone).

2. Beberapa hari sebelum pengumuman resmi, bocoran pertama

Pada 16 September, ada pihak yang membocorkan aplikasi versi uji coba dari aplikasi versi Android di dunia maya.

Aplikasi tersebut dapat dipasang di perangkat Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas. Namun, aplikasi ini tidak berfungsi sama sekali. Setelah sukses diinstalasi, pengguna tidak akan berhasil login. Ternyata, hanya BlackBerry ID tertentu saja yang bisa menggunakannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.