Kompas.com - 26/09/2013, 12:48 WIB
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Sebuah situs yang menyediakan informasi kuliner hotel dan wisata di Indonesia, kudunyahoo.com, digugat oleh Yahoo Inc. Gugatan itu dilayangkan lantaran Yahoo Inc menilai ada kemiripan nama antara Yahoo dengan kudunyahoo.com.

Yahoo Inc di Indonesia melalui kuasa hukumnya Daru Lukiantono/Primastuti Purnamasari, Partner/Senior Associate, Intellectual Property Practice Group, telah mengirimkan surat peringatan kepada pemilik situs kudunyahoo.com, Hady Hidayat, untuk segera mengganti nama situs tersebut, paling lambat 30 September 2013. Selain mengganti nama situs, Yahoo Inc juga mendesak semua ungkapan atau kata dalam situs tersebut yang menuliskan kata “Kudunyahoo” diganti.

Hady Hidayat sendiri, seperti dikutip dari Kompasiana, mengaku sama sekali kurang memahami klaim Yahoo Inc tersebut. Menurut Hady, nama domain situs tersebut berasal dari bahasa sunda “kudu nyahoo”, yang mengandung makna “harus tahu” atau “penting untuk diketahui”.

Sementara berdasarkan surat dari Daru Lukiantono/Primastuti Purnamasari sebagai kuasa hukum Yahoo Inc yang beralamat di 701 First Avenue Sunnyvale California 94089 USA, apa pun yang menyerupai kemiripan dengan nama Yahoo baik sebagai merek dagang, nama, ataupun lainnya tidak boleh digunakan. Dalam kasus ini bagi pihak Yahoo adalah adanya penulisan Yahoo pada situs Kudunyahoo, yang dianggap mempunyai arti sama.

Hady Hidayat sendiri mengklaim bahwa pembuatan dan perangkaian nama kudunyahoo tidak bermaksud menyamai nama Yahoo. Hady mengaku hanya bermaksud memperkenalkan kata bahasa Sunda menjadi suatu yang bermakna di masyarakat dalam maupun luar negeri, dan juga sebagai makna yang memaknai seluruh isi konten yang ada di situs tersebut.

Sayangnya pihak Yahoo bergeming dengan alasan tersebut. Mereka tetap menuntut perubahan nama dan penggantian nama seluruhnya sesuai dengan deadline perubahan yang diberikan. (Tribun News)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.