Kompas.com - 26/09/2013, 14:20 WIB
Demo BBM di desktop dalam pembukaan BlackBerry Jam Asia 2013 Reza Wahyudi/KompasTeknoDemo BBM di desktop dalam pembukaan BlackBerry Jam Asia 2013
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorWicak Hidayat
HONG KONG, KOMPAS.com - BlackBerry ternyata tak hanya akan melepas aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) ke Android dan iPhone. Aplikasi BBM juga bisa hadir di komputer desktop (PC).

Kabar yang cukup mengejutkan ini disampaikan oleh Vice President Developer Relations and Ecosystem Alec Saunders saat membuka acara BlackBerry Jam Asia yang digelar di Hong Kong, Kamis (26/9/2013).

Saunders, mengatakan, BlackBerry tengah mengerjakan proyek pengimplementasian BBM di komputer desktop.

Aplikasi BBM untuk PC ini bahkan sempat didemokan di depan developer dan media yang hadir di pesta tahunan BlackBerry tersebut. Terlihat sistem operasi PC yang digunakan untuk demo adalah Windows 7.

Bukan aplikasi mandiri

Namun, ada satu hal yang patut ditegaskan. Aplikasi BBM di Desktop PC itu bukan aplikasi yang berdiri sendiri.

Cara kerjanya sedikit berbeda dibanding BBM Android dan iPhone. Agar aplikasinya bisa bekerja dan digunakan untuk ngobrol, BBM untuk Desktop harus terhubung dengan ponsel BlackBerry melalui Windows Bridge Apps. Tidak disebutkan apakah nantinya, ponsel Android dan iPhone juga bisa dihubungkan ke PC.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara kerja BBM untuk desktop ini sebenarnya mirip BBM di tablet BlackBerry Playbook. Jadi, tampilan BBM di ponsel akan di-mirror (diproyeksikan) ke komputer desktop melalui USB atau WiFi. Selanjutnya, pengguna bisa mengirim dan menerima pesan di komputer desktop.

Saunders menyebutkan, BBM untuk desktop tak hanya bisa dipakai untuk mengirim teks saja. Foto, file, dan dokumen lain yang terdapat di PC dapat dikirimkan melalui aplikasi BBM ini.

Belum ada informasi kapan BBM untuk PC ini akan diluncurkan. Saunders hanya memastikan, aplikasi ini selain di Windows juga akan hadir komputer Mac. BlackBerry juga mengaku "sedang memikirkan platform lainnya".

Apakah yang dimaksud platform lainnya ini adalah Windows Phone? Bisa jadi, jika ya tentu ini berita gembira untuk pengguna Windows Phone dan Nokia Lumia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.